Susi Pudjiastuti Sebut Tindakan KKB di Papua Rebut Hak Kemerdekaan Orang Lain

March 1, 2023

BRIEF.ID – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyesalkan tindakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, karena  memperjuangkan kemerdekaan dengan cara merebut hak kemerdekaan milik orang.

Penyesalan itu  disampaikan Susi  menyusul penyanderaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru Philip Mark Mehrtens yang dilakukan  KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Sebagai pribadi memperjuangkan kemerdekaan dengan mengambil kemerdekaan orang itu bukan cara yang bijak tentunya,” kata Susi saat konferensi pers di Jakarta Timur, Rabu (1/3/2023).

Susi yang juga pemilik sekaligus pendiri Susi Air mengaku tak habis pikir tindakan yang dilakukan  KKB di Papua, sehingga imbas-nya turut menimpa masyarakat Papua secara keseluruhan.

“Untuk saya pribadi apa yang terjadi ini adalah hal yang sangat-sangat tidak kita harapkan, dan kita tak habis pikir. Karena mobilitas masyarakat di Papua kini menjadi sulit, sebab operasional penerbangan pesawat Susi Air yang kerap menjadi andalan transportasi di wilayah pegunungan itu terganggu,” ujarnya.

Dikatakan, kehadiran maskapai Susi Air sangat signifikan di Papua. Susi Air. Lanjutnya, telah melayani penerbangan di Papua sejak tahun 2006  dengan rata-rata 60-100 penerbangan setiap harinya melalui pesawat jenis caravan dan pilatus porter.

“Dari satu pesawat, dua pesawat, sampai 22 pesawat terbang di Papua,” imbuhnya. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply