Soal Penghentian Tahapan Pemilu 2024, Perludem: Lawan Putusan PN Jakarta Pusat

March 6, 2023

BRIEF.ID – Manajer Program Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil mengatakan, putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakarta Pusat) terkait penghentian tahapan pemilihan umum (Pemilu) yang sudah berlangsung harus dilawan.

Wacana penundaan Pemilu dinilai sebagai  upaya  sekelompok orang yang ingin merubuhkan demokrasi di Indonesia.

“Oleh sebab itu, tidak bisa dibiarkan,” kata  Fadli di Jakarta, Minggu (5/3/2023).

Ia menilai putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakarta Pusat) itu bertentangan dengan konstitusi. Pemilihan umum harus berlangsung secara periodik, yakni lima tahun sekali sebagaimana yang telah diamanatkan oleh konstitusi. Selain itu, pemilu yang berlangsung selama lima tahun sekali merupakan bagian dari sirkulasi kepemimpinan nasional.

“Menurut saya, putusan ini adalah putusan yang tidak bisa dieksekusi. Putusan yang sangat bertentangan dengan konstitusi,” ucap Fadli dalam konferensi pers yang bertajuk, “Mempersoalkan Putusan Janggal PN Jakarta Pusat terkait Penundaan Pemilu 2024. Tidak bisa sembarangan ditunda seperti itu,” katanya.

Fadli menjelaskan, Undang-Undang Pemilu hanya mengatur mengenai pemilu lanjutan dan pemilu susulan yang diakibatkan oleh bencana alam, gangguan keamanan, dan gangguan lain yang menyebabkan seluruh tahapan pemilu tidak dapat dilaksanakan.

“Situasi itu sama sekali tidak ada hari ini. Situasi yang dibawa oleh Partai Prima ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini kan kepentingan satu partai politik saja untuk ikut menjadi peserta pemilu,” kata Fadli.

PN Jakarta Pusat yang tiba-tiba memerintahkan penghentian sisa tahapan pemilu dan mengulang berbagai tahapan tersebut yang berdurasi 2 tahun 4 bulan 7 hari, bagi Fadli, merupakan kesalahan yang sangat fatal.

“Tiba-tiba PN Jakarta Pusat memerintahkan tahapan pemilu ditunda hanya untuk kepentingan partai Prima. Menjadi satu kesalahan yang sangat fatal dari putusan PN Jakarta Pusat ini,” kata Fadli. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply