Sensasi Kenikmatan  Makanan Khas Bandung Saat Berbuka Puasa  dan Sahur

March 31, 2023

BRIEF.ID – Kekayaan kuliner Indonesia  sangat beragam. Selain sajian asli Indonesia, ada juga kuliner hasil persilangan  antar negara. Salah satu di antaranya adalah Siomay, yang dari negeri asalnya, Tiongkok disebut  Shumai.

Pasti kalau berbicara mengenai Siomay, langsung mengacu ke Kota Bandung, Jawa Barat. Siapa tidak kenal Kota Bandung, yang mendapat julukan Paris van Java? Kota ini  terkenal  dengan wisata kulinernya. Makanan khas Bandung juga  memiliki cita rasa  enak, variatif, dan bikin nagih.

Apalagi pada bulan Ramadan, banyak warga Jakarta yang berkunjung ke kota yang dijuluki Paris van Java itu  sekadar berburu aneka  sajian makanan dan minuman khas daerah itu untuk berbuka puasa dan sahur.

Berikut sajian berbuka puasa khas Bandung.

1.SIOMAY

Siomay adalah kudapan khas Bandung, yang terbuat  dari daging ikan. Camilan ini biasanya dilengkapi dengan batagor, telur, dan aneka sayuran, seperti kol dan pare. Siomay dan pelengkapnya kemudian disiram dengan saus kacang yang cenderung manis gurih.

Bila suka pedas, kamu dapat menambah saus sambal dan kecap manis saat akan menyantapnya. Camilan ini sangat cocok menjadi teman berkumpul kamu bersama keluarga ataupun teman.

2.SEBLAK

Seblak adalah masakan khas Sunda yang pada mulanya terinspirasi dari makanan kobok khas India.

Seblak yang memiliki cita rasa gurih dan pedas, terbuat dari kerupuk basah bumbu halus a’la India yang terdiri atas bawang putih yang dipadu  dengan kencur.

3. BATAGOR

Batagor adalah jajanan khas Bandung yang  sudah dikenal di seantero Nusantara. Pada umumnya, Batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi  adonan berbahan ikan tenggiri.

4. COLENAK

Colenak adalah penganan khas Kota Bandung, yang terbuat dari tape atau peuyeum yang dibakar, disiram air gula jawa, dan ditaburi parutan kelapa.

5. ES CINCAU

Cincau memiliki kemiripan dengan Agar-agar. Bedanya, Agar-agar terbuat dari rumput laut, sedangkan Cincau  dari hasil perasan daun cincau. Warna  hijau Cincau berasal dari hasil rebusan daun cincau dan teksturnya   jauh lebih lembut dibandingkan Agar-agar.

Cincau terasa makin nikmat disajikan bersama es dan sirup gula. Ada juga yang menyajikan Es cincau dengan sirup merah, santan, dan topping es serut. Mantap

6.ES CENDOL

Es Cendol adalah penganan yang dibuat dari tepung beras, gula aren, dan santan. Es Cendol kerap dijadikan sebagai  minuman penutup karena rasanya yang manis dan menggugah selera.

No Comments

    Leave a Reply