Sambut Ramadan, Warga Kampung Budaya Polowijen Gelar Megengan dan Nyadran

March 23, 2023

BRIEF.ID – Warga Kampung Budaya Polowijen, Malang, Jawa Timur menggelar acara Megengan dan Nyadran yang merupakan ritual dalam menyambut Ramadan, Rabu (22/3/2023).

Tokoh masyarakat yang juga budayawan kota ini, Isa Wahyudi yang akrab disapa Ki Demang, mengatakan bahwa ritual dan doa pada acara ini merupakan tradisi menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Aneka makanan yang tersaji merupakan wujud sukacita menyambut bulan suci.

“Ini adalah ungkapan terima kasih atas kenikmatan dari Tuhan Yang Maha Esa serta harapan agar ibadah puasa berjalan lancar,” kata Ki Demang.

Ki Demang yang juga tokoh masyarakat setempat mengungkapkan bahwa Kampung Budaya Polowijen bertugas untuk membantu melestarikan tradisi Jawa kepada generasi muda.

“Ini sebagai salah satu pembelajaran kepada generasi muda. Nyatanya banyak anak-anak muda yang terlibat dalam acara ini. Dan, anak-anak muda juga mengambil makna dari kegiatan ini agar tetap lestari,” kata Ki Demang.

Sebagai ritual penutup warga melakukan kirab ke makam Mpu Topeng (Mbah Reni), salah satu leluhur Topeng Malangan. (Antara TV)

No Comments

    Leave a Reply