Pengusaha Singapura Berminat Investasi di IKN

March 16, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik minat pengusaha Singapura untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Negara dalam pertemuan bilateral dengan delegasi Singapura, yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loon di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

“Secara keseluruhan dalam pertemuan hari ini terdepat 20 letter of intent  minat swasta Singapura untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Kemudian, 9 MoU B-to-B di bidang energi, healthcare, dan digital. Dan,   7 MoU G-to-G,  antara lain di bidang energi, kesehatan, dan digital,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama PM Lee Hsien Loong usai pertemuan bilateral.

Presiden Jokowi mengapresiasi  besarnya minat investor dari Singapura. Selain itu, Kepala Negara juga menyambut baik kesepakatan kedua negara untuk meningkatkan investasi di bidang energi baru terbarukan (EBT).

“Investasi di bidang energi baru terbarukan antara lain akan digunakan untuk pemenuhan energi kedua negara,” ucap Kepala Negara.

Selanjutnya, Kepala Negara menyambut baik kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Singapura dalam bidang digital, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi informasi.

“Kerja sama investasi dan data center, serta kerja sama pengembangan SDM di bidang teknologi informasi. Saat ini, terdapat Apple  Developer Academy dan IBM Academy di Batam,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga  merespons positif kerja sama  kedua negara dibidang perdagangan, salah satunya melalui produk peternakan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan di Singapura.

“Di bidang perdagangan, mulai masuknya produk-produk peternakan Indonesia untuk memasok kebutuhan ayam di Singapura,” ucap Kepala Negara.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyambut baik kerja sama antara kedua negara dalam hal penguatan pelayanan kesehatan di Tanah Air.

“Kerja sama penguatan pelayanan kesehatan dasar dan teknologi kesehatan serta investasi pengembangan rumah sakit di Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply