Pemerintah Kawal Pembangunan Proyek Investasi Lotte Chemical Indonesia Senilai Rp 60 Triliun

March 13, 2023

BRIEF.ID – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan bahwa pemerintah akan mengawal proyek investasi PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Cilegon, Banten, hingga rampung pada tahun 2025 . Proyek investasi bernilai Rp 60 triliun ini bertujuan untuk mendukung substitusi impor.

Bahlil akan membentuk tim yang melibatkan satuan tugas dari Jaksa Agung dan Wakapolri untuk menyelesaikan beberapa isu yang dialami oleh LCI, seperti kompensasi dukungan sosial masyarakat, penerbitan persetujuan bangunan gedung (PBG) serta perlindungan keamanan.

“Pembangunan investasi LCI ini sejalan dengan amanat Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengurangi ketergantungan kita selama ini pada produk impor petrokimia supaya mendorong laju perekonomian Indonesia. Saat pabrik LCI beroperasi nanti, kami harap hasil produksinya akan berperan secara signifikan sebagai substitusi impor yang akan menghemat devisa negara,” kata Bahlil melalui keterangan tertulis yang diterima  di Jakarta, Senin (13/3/2023).

Ia mengatakan,  investasi itu  secara langsung akan memberikan multiplier effect atau dampak ganda positif kepada berbagai industri terkait lainnya, termasuk  perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja di wilayah Provinsi Banten, khususnya Kota Cilegon.

“Investasi ini kurang lebih bernilai Rp 60 triliun. Penciptaan lapangan kerja menjelang akhir 2023 akan mencapai 15.000 di mana 95% adalah tenaga kerja lokal Indonesia. Produk yang dihasilkan adalah produk petrokimia, 50% akan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri dan sisanya akan diekspor,” kata Bahlil.

Sementara itu, Presiden Direktur LCI Yim Dong Hee mengatakan pelaksanaan konstruksi pembangunan pabrik petrokimia terintegrasi LCI telah dimulai sejak awal tahun 2022 dan masih berjalan sesuai tahapan yang direncanakan.

“Kemajuan dan pencapaian proyek LCI sampai dengan saat ini tidak lepas dari perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah maupun institusi pemerintahan lainnya di wilayah Kota Cilegon. Proyek ini kami harap dapat selesai sesuai target pada akhir tahun 2025,” kata Yim.

Sampai Januari 2023, realisasi investasi PT Lotte Chemical Indonesia mencapai US$ 1,58 miliar  dan sampai 2045 diperkirakan akan mencapai US$ miliar.

No Comments

    Leave a Reply