Pekan Depan, Jokowi Lantik Kepala BNPT dan Menpora

March 31, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pada pekan depan akan melantik  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Minggu depan,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan KEK Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Ia mengatakan, pelantikan Kepala  BNPT itu untuk menggantikan posisi Komjen Pol. Boy Rafli Amar yang akan memasuk  masa pensiun.

Ditanya mengenai figur pengganti Boy Rafly, Presiden Jokowi  enggan mengungkapkannya.  

“Nanti,” kata dia.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada 25 Maret 2023 karena usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 6 Mei 2020 menggantikan Komjen Pol. Suhardi Alius.

Boy Rafli yang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988, sebelum menjadi Kepala BNPT,  pernah menjabat beberapa posisi penting, seperti Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, Kepala Divisi Humas Polri, Kepala Polda Banten, dan Kepala Polda Papua.

Saat ini, Boy Rafli   telah dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Perwira Tinggi (Pati) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Selain itu, Presiden Jokowi enggan mengungkapkan ketika ditanya  apakah pelantikan Kepala  BNPT yang baru berbarengan dengan pelantikan Menpora, pengganti Zainudin Amali. Kepala Negara hanya menjawab singkat.

“Minggu depan,” katanya.

Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpora, pada awal Maret 2023 setelah  terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Tugas dan tanggung jawab menpora kemudian diemban  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.  

No Comments

    Leave a Reply