Menikmati Hidangan Buka Puasa Khas Jawa Timur

March 29, 2023

BRIEF.ID – Momen yang paling dinanti-nantikan disaat beribadah puasa pada bulan suci Ramadan adalah berbuka puasa. Di berbagai kios makanan, banyak  orang rela antre demi membeli makanan kesukaan.

Pada bulan Ramadan, makanan dan minuman yang jarang dijual bermunculan dan mengundang selera. Begitu banyaknya pilihan, terkadang pembeli dibuat  bingung.  Tak usah risau,  ada menu  istimewa dari Jawa Timur  untuk menjadi teman berbuka puasa.

1.RAWON

RAWON

Rawon adalah salah satu makanan  khas Indonesia yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Secara umum, Rawon berisi potongan daging dengan campuran kuah berwarna hitam.  

Kuah pada Rawon terbuat dari rempah-rempah khas yang terdiri atas  bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kunyit, jahe, dan cabe. Selain itu ada juga  asam jawa dan biji keluak yang menjadi ciri khas  Rawon. Paling enak dimakan saat masih panas.

2. BONGKO KOPYOR

BONGKO KOPYOR

Bongko Kopyor adalah singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor,  yang dibungkus daun pisang. Kudapan asal Gresik, Jawa Timur ini paling dicari pada setiap bulan puasa. Bongko Kopyor menjadi  takjil favorit yang diburu  karena teksturnya yang lembut dan legit.

Pada umumnya, Bongko kopyor dibuat dari roti tawar yang dipotong-potong ukuran dadu, kemudian dicampur serutan kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara, dan siraman santan yang telah dikukus.

3.SOTO LAMONGAN

SOTO LAMONGAN

Soto  Lamongan adalah makanan  berkuah kuning penggugah selera yang menjadi andalan orang Jawa Timur. Ciri khas Soto Lamongan adalah bihun, suwiran ayam, dan koya.  Tanpa bahan-bahan itu, kenikmatan Soto Lamongan akan kehilangan jati dirinya.

4.ES BUTO IJO

ES BUTO IJO

Es Buto Ijo adalah minuman menyegarkan yang sangat cocok untuk menjadi minuman penyegar disaat berbuka puasa.  Es Buto Ijo  yang didominasi warna hijau  berasal dari Kediri.   

Es Buto Ijo terbuat dari kelapa muda yang serut, kolang-kaling, rumput laut, dan kacang hijau. Adonan ini kemudian ditambahkan  sirup melon, susu kental manis, dan es serut. Ada pula yang menabahkan isian berupa nata de coco, sagu mutiara, dan biji selasih.

5.WEDANG POKAK

WEDANG POKAK

Menikmati kehangatan Wedang Pokak menjadi salah satu pilihan minuman yang menyegarkan  disaat berbuka puasa. Wedang Pokak terbuat dari campuran aneka  rempah tradisional  berkhasiat,  seperti cengkih, kayu manis, buah pekak, kapulaga,  dan daun pandan.

Diyakini bahwa Wedang Pokak berkhasiat untuk meredakan masuk angin, demam, flu, batuk, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi bau badan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

No Comments

    Leave a Reply