Komentar Hawkish Powell Akibatkan Saham Asia Tergelincir

March 8, 2023

BRIEF.ID – Saham-saham di bursa Asia tergelincir pada awal perdagangan Rabu (8/3/2023), sementara nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menguat setelah komentar hawkish  Ketua Federal Reserve Jerome Powell. Hal ini meningkatkan kemungkinan bank sentral AS kembali ke kenaikan suku bunga besar untuk mengatasi inflasi yang tinggi.

The Fed kemungkinan akan perlu menaikkan suku bunga lebih dari yang diperkirakan sebagai tanggapan atas data kuat baru-baru ini, kata Powell pada hari pertama kesaksian kebijakan moneter dua hari setengah tahunannya di hadapan Kongres.

Komentar hawkish  Powell mengirim saham-saham AS melemah tajam, dengan suasana risk-off atau penghindaran risiko berlanjut di perdagangan Asia. Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik tidak termasuk Jepang tergelincir 1,45 %,

sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia dibuka merosot 0,70 % dan indeks Nikkei Jepang menguat tipis 0,10 %.

Indeks saham-saham unggulan atau blue chips Tiongkok CSI 300 terpangkas 0,33 %, sementara Indeks Hang Seng Hong Kong terpuruk 1,40 %.

Setelah serangkaian kenaikan jumbo tahun lalu, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin dalam dua pertemuan terakhirnya, tetapi data ekonomi yang tangguh sejak awal tahun ini telah memicu kekhawatiran bank sentral AS akan kembali menaikkan suku bunga lebih besar.

Ketakutan itu terwujud ketika Powell berkata: “Jika totalitas data menunjukkan bahwa pengetatan yang lebih cepat diperlukan, kami akan siap untuk meningkatkan laju kenaikan suku bunga.”

Pasar sekarang memperkirakan peluang hampir 70% dari kenaikan suku bunga 50 basis poin pada pertemuan  The Fed 21-22 Maret mendatang, menurut alat FedWatch CME, naik dari sekitar 30 % sehari yang lalu.

“Powell pada dasarnya membuka pintu untuk kenaikan 50 basis poin,” kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone.

“Ia telah memberikan Fed opsionalitas, tetapi orang curiga dia akan enggan melakukannya karena tidak baik untuk mengubah taktik ketika Anda baru saja turun ke kenaikan 25 basis poin.”

Imbal hasil surat utang AS jangka pendek melanjutkan kenaikannya pada Rabu, dengan imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, naik 2,7 basis poin pada 5,038%, tertinggi sejak pertengahan 2007.

Bagian yang diawasi ketat dari kurva imbal hasil obligasi pemerintah AS yang mengukur kesenjangan antara imbal hasil obligasi dua tahun dan 10-tahun, dilihat sebagai indikator ekspektasi ekonomi, berada di -106 basis poin, terdalam sejak Agustus 1981, menurut data Refinitiv. Pembalikan seperti itu dipandang sebagai indikator resesi yang andal.

No Comments

    Leave a Reply