Ketua Umum PBNU Persilakan Timnas Israel Berlaga di Indonesia

March 24, 2023

BRIEF.ID – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf mempersilakan Tim Nasional berlaga dalam ajang Piala Dunia U20 di Indonesia, pada Mei 2023 mendatang.

Sebab, partisipasi Timnas Israel dalam turnamen itu telah sesuai aturan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan tidak serta-merta melunturkan dukungan Indonesia, selaku tuan rumah, bagi perjuangan bangsa Palestina.

“Menurut saya tidak masalah. Belum tentu Palestina rugi kok. Sekarang kalau Israel datang ke sini, apakah Palestina rugi? Tidak juga. Yang penting memperkuat posisi Indonesia di dalam platform internasional dan multilateral,” kata Gus Yahya usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Ia mengakui saat ini muncul berbagai penolakan mengenai kehadiran Timnas Israel. Di sisi lain, kata dia, apabila Indonesia konsisten mendukung kemerdekaan dan membela Palestina, justru harus memanfaatkan jalur diplomatik.

Selain itu, jalur internasional dan multilateral yang merupakan mandat Proklamasi, yang disampaikan para pendiri bangsa.

“Kita tidak harus berpikir tentang Indonesia, kemudian berpikir parsial dari kepentingan kelompok-kelompok tertentu atau negara-negara tertentu saja di dunia ini. Tapi kita harus berangkat dari kepentingan semuanya,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply