Dubes Rosan Ungkap Visi Indonesia Maju 2045 Pada Pertemuan Potomac Exchange

March 9, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan visi Indonesia Maju 2045 kepada  jajaran pengusaha AS dan global yang tergabung dalam  Potomac Exchange.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kamis (9/3/2023), pada pertemuan yang digelar  di The Hay-Adams Hotel, Washington DC, AS,   Selasa lalu, Dubes Rosan menjelaskan bahwa  visi Indonesia Maju 2024 secara keseluruhan adalah mewujudkan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia yang lebih baik dan merata dengan kualitas sumber daya manusia yang lebih tinggi,  serta menjadi salah satu dari 5 kekuatan ekonomi terbesar dunia.

“Tahun 2045, Indonesia genap 100 tahun merdeka. Tahun ini menjadi  momentum bersejarah, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, di mana   70% penduduk Indonesia adalah kelompok  usia produktif,” kata Rosan.

Disebutkan, pada tahun 2022, ekonomi Indonesia  tumbuh signifikan, yaitu sebesar 5,31%, lebih tinggi dibanding capaian tahun 2021 yang sebesar 3,70%. Dari sisi supply, seluruh sektor lapangan usaha juga mengalami pertumbuhan positif pada Triwulan IV-2022.

Lebih lanjut dijelaskan, sektor Transportasi dan Pergudangan menjadi sektor dengan pertumbuhan tertinggi, yakni sebesar 16,99% (year on year/yoy) diikuti Sektor Akomodasi dan Makan Minum yang tumbuh sebesar 13,81% (yoy) yang didorong  peningkatan mobilitas masyarakat serta peningkatan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan Nusantara.  Sektor Industri Pengolahan sebagai kontributor terbesar PDB juga mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 5,64% (yoy).

“Saya mengangkat isu-isu terkait  Indonesia, khususnya di bidang ekonomi dan bonus demografi. Saat ini, kita juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang stabil, produk domestik bruto yang meningkat, dan tenaga kerja yang berkembang pesat,” jelas Rosan.

Potomac Exchange yang didirikan pada tahun 1977 dikenal sebagai  organisasi eksklusif yang berbasis luas. Anggotanya  terdiri atas pengusaha,  pelaku  industri, organisasi swasta, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Potomac Exchange kerap menghadirkan para duta besar sebagai pembicara.

No Comments

    Leave a Reply