Dubes Rosan: Ibu Mari Mentor dan Sahabat Berdiskusi yang Luar Biasa

March 21, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani memuji peran strategis  Indonesia di Bank Dunia.  Pemerintah RI dan Bank Dunia secara signifikan terus berkolaborasi  untuk mendorong pemulihan ekonomi global yang lebih kuat.

“Ada sekitar 93 orang Indonesia yang bekerja di Bank Dunia. Jumlah ini menunjukkan sinergisitas yang baik antara Pemerintah Indonesia dan Bank Dunia,” kata Rosan pada  acara perpisahan dengan  Mari Elka Pangestu di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC, Amerika Serikat, melalui pernyataan tertulis yang  diterima Selasa (21/3/2023).

Mari Elka Pangestu yang  pernah menjabat Menteri Perdagangan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Bersatu (KIB), terhitung 1 Maret 2023   menyelesaikan  tugasnya sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan, dan Kemitraan  Bank Dunia. Posisi itu dijabatnya sejak 1 Maret 2020.

Rosan mengatakan, selama menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia,  Mari Elka Pangestu  secara teratur meng-update situasi dunia yang kini penuh isu dan tantangan.

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani didampingi Ibu Ayu Rosan berfoto bersama Ikatan Staf Indonesia di Bank Dunia pada acara perpisahan dengan Mari Elka Pangestu di KBRI Washington DC, AS.  

Selain itu, ia juga dinilai banyak  mendukung Indonesia di bidang keamanan pangan dan transisi energi, termasuk mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang telah menyiapkan peta jalan untuk ekonomi hijau ke depan.

Ia menjadi perempuan kedua Indonesia setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang duduk di posisi penting Bank Dunia.

“Ibu Mari bukan sosok sembarangan di ranah perekonomian nasional. Bagi saya pribadi, Ibu Mari adalah mentor dan sahabat berdiskusi yang luar biasa. Saya banyak belajar dari Ibu Mari sebagai pribadi dengan pengalaman dan kemampuan yang mumpuni, memiliki etos kerja yang kuat, dan networking yang luas. Legasi yang  ditinggalkan di Bank Dunia sangat besar dan mengharumkan nama Indonesia,” kata Rosan.

Rosan mengatakan, dalam kaitan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia, Bank Dunia juga terus berupaya menghilangkan hambatan dan mengurangi biaya arus barang dalam perdagangan internasional dan domestik. Salah satunya melalui National Logistics Ecosystem (NLE), sebuah platform yang menghubungkan penawaran dan permintaan logistik untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi antar Kementerian/Lembaga (K/L).

“Ibu Mari  memberikan saran-saran yang positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia. Ini bukan perpisahan, Ibu Mari.  Anda selalu diterima di Washington DC. Kami mengapresiasi  warisanmu di Bank Dunia  dan berharap yang terbaik bagi usaha Anda di masa depan,” kata Rosan.

No Comments

    Leave a Reply