Business Matching Produk Dalam Negeri 2023, Menperin Optimistis Realisasi Transaksi Rp 250 Triliun

March 15, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis  dapat merealisasikan transaksi sebesar Rp250 triliun  selama penyelenggaraan Business Matching Produk Dalam Negeri 2023,   15-17 Maret 2023 di Istora Senayan, Jakarta.

“Target realisasi, bukan komitmen. Pembelian produk dalam negeri oleh lembaga negara Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah,  dan BUMN/BUMD, badan usaha tertentu senilai minimal Rp 250 triliun,” kata Menperin.

Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri 2023 dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan dihadiri Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang juga Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahanan Rakyat (PUPR), dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Menperin mengatakan,  Business Matching  Produk Dalam Negeri 2023

dihadiri  4.000 peserta yang terdiri atas perwakilan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perusahaan industri, badan usaha, dan asosiasi.

“Kementerian Pertahanan bersama-sama dengan Kementerian Perindustrian pada tahun 2023, menyelenggarakan Business Matching PDN Tahap V, yang dikemas berdasarkan konsep One Stop Event,” jelas Menperin.

Disebutkan, konsep One Stop Event  mencakup Desk Business Matching, dengan peserta yang terdiri atas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker, asosiasi industri, produsen hulu- hilir serta penyedia akan duduk di setiap desk yang sudah disediakan secara bergantian untuk melakukan temu bisnis. Hasil di setiap desk berupa  transaksi pembelian produk dalam negeri  oleh instansi pemerintah.

No Comments

    Leave a Reply