BKMG Pasang 9 Sensor Pendeteksi Gempa Bumi di Sulawesi Utara

March 13, 2023

BRIEF.ID – Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko, menyebutkan di Sulawesi Utara (Sulut) terpasang sebanyak sembilan sensor pendeteksi gempa bumi.

“Kita mempunyai sembilan sensor gempa yang aktif hingga saat ini,” sebut Edward di Manado, Senin (13/3/2023).

Ia mengatakan, BMKG nantinya mengeluarkan peringatan dini tsunami berdasarkan getaran yang direkam sensor gempa yang dipasang di beberapa wilayah Sulut.

Berdasarkan  catatan sejarah, kata dia, wilayah provinsi ujung utara Sulawesi tersebut pernah dihantam tsunami pada tahun 1800-an dan 1900-an, namun tidak disebutkan rinci berapa tinggi tsunami yang terjadi di wilayah ini.

“Pada pertengahan tahun ini akan ketambahan tiga peralatan sensor gempa yang akan dipasang di wilayah kepulauan, sehingga nanti total akan ada 12 sensor gempa yang terpasang,” katanya.

Sembilan sensor gempa yang terpasang di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Dumoga (Kabupaten Bolaang Mongondow), Poigar (Kabupaten Bolaang Mongondow), Dodap (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).

Selanjutnya, Di Tondano (Kabupaten Minahasa), Kota Manado, Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro), dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Sementara itu, tiga peralatan sensor gempa yang akan dipasang tengah tahun ini, yaitu di  Tagulandang (Kabupaten Kepulauan Sitaro), Marore (Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Miangas (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Wilayah provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut dikategorikan daerah rawan gempa bumi karena berada di tiga lempeng tektonik.

Ketiga lempeng tektonik itu, yaitu lempeng Laut Maluku yang letaknya berada di perairan laut antara Sulawesi Utara dan Maluku Utara terus memanjang sampai ke Talaud.

Berikutnya, di lengan utara Sulawesi berada lempeng Laut Sulawesi, sementara di timur laut Kabupaten Kepulauan Talaud sampai bagian utara Pulau Halmahera ada yang namanya lempeng Laut Filipina.

No Comments

    Leave a Reply