Aneka Sajian Buka Puasa Khas Palembang

March 30, 2023

BRIEF.ID – Bagi masyarakat Palembang, bulan Ramadan selalu bergelimang aneka makanan dan minuman menyegarkan.

Selain kurma bercita rasa gurih, masyarakat juga gemar  berbuka puasa dengan mengonsumsi aneka makanan tradisional seperti Pempek, Laksan, Es Kacang Merah, Mi Celor, dan  Sarsaparilla.

Yuk nikmati aneka sajian khas Palembang.

1.PEMPEK

Di Palembang,  Pempek  sering disantap sebagai takjil. Meski termasuk  kategori lima besar makanan seafood terenak di dunia, harga Pempek  sangat terjangkau dan enak rasanya.

Beragam variasi Pempek bisa dinikmati, seperti Pempek Kulit yang menggunakan kulit ikan dalam campurannya, Lenjer yang berbentuk lonjong, hingga Pempek Dos yaitu Pempek tanpa ikan.

Pempek tidak akan lengkap tanpa pendampingnya, Cuko.

2.LAKSAN

Laksan adalah salah satu varian Pempek yang disajikan berkuah dan dinikmati hangat. Laksan terbuat dari bahan baku sagu dan ikan, bentuknya oval yang dipotong-potong dan disajikan bersama  kuah santan.

Karena menggunakan santan dan cabai dalam proses pembuatannya, warna  kuah Laksan agak kemerah-merahan.

Kuah Laksan terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabe merah, udang cincang, santan, gula, garam, dan penyedap rasa yang diblender menjadi satu.

3.ES KACANG MERAH

Es Kacang Merah adalah minuman olahan  khas Kota Palembang yang terbuat dari kacang merah, sirup gula aren, dan  bahan-bahan lainnya. Kelembutan kacang merah berpadu dengan manisnya sirup gula aren dan es serut,  menghasilkan rasa yang sempurna. Manis, legit, dan juga segar.

Sajian minuman dingin ini  mempunyai banyak manfaat,  yaitu  penangkal radikal bebas, mengoptimalkan fungsi otak, menyehatkan pencernaan, meningkatkan energi tubuh. Es Kacang Merah sangat cocok menjadi disajikan saat berbuka puasa.

4. MI CELOR

Mi Celor adalah hidangan  khas  kota Palembang. Kata celor dalam bahasa Palembang berarti direndam kedalam air panas (seduh).

Sajian ini disebut  Mi Celor sebab mi disajikan dengan cara dicelor atau  diseduh, kemudian  dicampur kuah santan dan kaldu udang yang kental dan gurih.

Mi Celor disajikan dengan pelengkap seperti telur rebus, tauge, dan kucai. Menurut asal usulnya, Mi Celor yang menggunakan mi kuning adalah perpaduan hidangan Melayu dan Tionghoa.

5.SARSAPARILLA

SARSAPARILLA

Sarsaparila merupakan minuman khas Palembang yang  pernah menjadi primadona,   pada dekade 1980-an.

Sarsaparilla biasanya dikonsumsi ketika ada perayaan besar dan menjadi minuman wajib pada saat berbuka puasa, hari raya Idul Adha, dan Idul Fitri.

Sarsaparilla memiliki cita rasa  unik, yaitu antara asam, manis, dan sensasi soda. Sarsaparilla  adalah jenis tanaman tropis yang termasuk dalam genus Smilax. 

No Comments

    Leave a Reply