Wow, Dampak Ekonomi F1 Powerboat Rp 300 Miliar

February 27, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan,  dampak ekonomi  pelaksanaan F1 Powerboat diperkirakan mencapai  Rp 300 miliar dengan  kunjungan wisatawan  25 ribu orang.

“Produk-produk ekonomi kreatif  kebanggaan Sumatera Utara ditampilkan di booth-booth UMKM, termasuk juga  Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Di sini juga kami memberikan beberapa dukungan melalui pelatihan sumber daya manusia, penyediaan infrastruktur, dan monitoring kesiapan akomodasi,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (27/2/2023).

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut menyaksikan kegiatan bergengsi perdana yang digelar di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Minggu (26/2/2023). Hadir pula sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju serta pimpinan lembaga negara, di antaranya Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Sandiaga mengungkapkan,  Kementerian Pariwisata  konsisten untuk  meningkatkan penyelenggaraan lebih banyak  event  berkelas internasional di Danau Toba, baik  festival film maupun world music festival.

“Jadi event ini akan memicu lebih banyak aktivitas dan investasi di Danau Toba sehingga membangkitkan ekonomi, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja,” ujarnya.

Pada  seri balapan putaran pertama ini, pebalap dari Stromoy Racing, Bartek Marszalek berhasil meraih peringkat pertama setelah menaklukkan  sirkuit sepanjang 2,2 km dan  18 lap.  Marszalek berhak atas 20 poin yang menjadi modal penting untuk mengarungi tujuh putaran selanjutnya pada gelaran F1 Powerboat musim 2023.

No Comments

    Leave a Reply