Transformasi IFG Life Ciptakan Citra Positif

February 21, 2023

BRIEF.ID – Direktur Utama PT IFG Life (IFG Life) Harjanto Tanuwidjaja menyatakan, transformasi menjadi titik penting langkah IFG Life sebagai perusahaan asuransi baru di bawah holding asuransi, penjaminan, dan investasi milik pemerintah.

“Kami berkomitmen untuk bertransformasi serta  menciptakan bisnis baru yang tangible dan sustainable,” kata Harjanto di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Ia mengatakan,  ditunjang  sumber daya manusia (SDM) yang  produktif dan culture yang agile, perseroan akan fokus bertransformasi terkait  model bisnis baru,  sekaligus menguatkan citra positif IFG Life sebagai sebuah brand. Sampai  saat ini transformasi masih masih berlangsung  dan perusahaan telah mencatat kinerja  positif sepanjang tahun 2022. Pada akhir 2022, IFG Life membukukan penerimaan premi sebesar Rp1,2 triliun dan laba   Rp145,1 miliar (unaudited).

Harjanto menegaskan bahwa mengembangkan produk asuransi yang murni berbasis proteksi merupakan fokus utama yang akan dilakukan  perseroan ke depan.

”Kami menyadari  bahwa kesuksesan menjalankan transformasi, ada pekerjaan rumah untuk membangun kesadaran dan kepercayaan masyarakat kepada asuransi,” jelas dia

Holding BUMN Asuransi

Harjanto mengatakan, di bawah naungan Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi, tentunya memberikan IFG Life keuntungan untuk berkolaborasi dalam pengembangan bisnis,  khususnya penguatan sinergi dalam ekosistem Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN).

Saat ini,  IFG Life sedang bersinergi dan berkolaborasi secara intensif dengan berbagai BUMN serta perusahan lainnya, di antaranya  BTN, Pos Indonesia, Sarinah, Angkasa Pura II, Mandiri, LinkAja, dan Yokke.

“Kerja sama yang IFG Life jalin merupakan bagian dari komitmen IFG Life sebagai perusahaan asuransi yang memberikan proteksi di setiap tahapan kehidupan para nasabah dan masyarakat. Ini sesuai  tagline IFG Life, yaitu ‘Protecting Life’s Progress.’  IFG Life adalah teman yang  selalu menjaga masa depan para nasabah, agar tetap berjalan sesuai dengan keinginan mereka,”  kata dia

Dikatakan, sebagai perusahaan penerima mandat dari program penyelamatan nasabah Jiwasraya, IFG Life juga berkomitmen menyelesaikan pengalihan polis serta bertanggung jawab atas pembayaran manfaat polis nasabah eks Jiwasraya yang telah setuju mengikuti program restrukturisasi dan mengalihkan polisnya ke IFG Life.

Program restrukturisasi yang  ditawarkan kepada seluruh pemegang polis Jiwasraya adalah  bentuk penyehatan polis untuk meminimalisasi  potensi kerugian yang akan dialami  pemegang polis.

Harjanto menuturkan, untuk jangka pendek akan memprioritaskan kepercayaan  masyarakat, khususnya pemegang polis eks Jiwasraya.

“Kita harus tahu dulu masyarakat melihat kita seperti apa, khususnya pemegang polis eks Jiwasraya. Itu harus menjadi top priority kita karena trust dari mereka itu yang paling utama. IFG Life akan terus melakukan yang terbaik untuk dapat menyelesaikan pembayaran manfaat polis eks nasabah Jiwasraya yang telah mengikuti program restrukturisasi dan mengalihkan polisnya ke IFG Life sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang tertera pada setiap polis,” tambahnya.

Sebelum pengalihan polis, IFG Life terlebih dulu melakukan due diligence untuk memastikan keabsahan polis Jiwasraya yang akan dialihkan apakah sudah sesuai  ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal ini  dilakukan guna menjalankan tata kelola perusahaan yang baik sesuai  prinsip good corporate governance (GCG) serta melakukan mitigasi berbagai risiko yang berpotensi mempengaruhi kelayakan finansial, operasional, dan going concern kegiatan usaha IFG Life kedepan.

Pengalihan Polis Asuransi

Hingga  Januari 2023 jumlah polis yang telah dialihkan dari Jiwasraya ke IFG Life mencapai 157.312 polis. Sementara itu, IFG Life juga sudah membayarkan klaim senilai Rp 5,9 triliun kepada Pemegang Polis yang sudah beralih ke IFG Life sejak Desember 2021.

Selain melanjutkan manfaat dari polis migrasi Jiwasraya, IFG Life juga menawarkan berbagai produk asuransi yang berorientasi pada proteksi. IFG Life akan mengembalikan lagi marwah dari asuransi itu sendiri, yaitu proteksi. IFG Life bertekad untuk menghadirkan terobosan agar dapat bersaing di industri asuransi jiwa. Salah satunya adalah menawarkan produk-produk proteksi yang terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat dengan berbasis digital.

IFG Life telah memiliki produk asuransi digital yang diberi nama IFG LifeSAVER. Produk ini merupakan jawaban atas kebutuhan proteksi bagi masyarakat di tengah gaya hidup dinamis yang aktif. IFG LifeSAVER menyediakan aksesibilitas bagi mereka yang membutuhkan proteksi untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti berolahraga maupun saat akan melakukan perjalanan.

Produk asuransi digital ini bisa diperoleh dengan harga premi yang sangat terjangkau, yakni Rp49.000. Para pemilik polis akan memperoleh proteksi kecelakaan, proteksi medis cedera olahraga, meninggal/cacat tetap, fisioterapi, hingga kecelakaan olahraga air, dengan total manfaat medis sampai dengan Rp200 juta.

Hadirnya produk digital tersebut tidak luput dari dukungan infrastruktur yang memadai guna mewujudkan Digitalized Operation. Hal tersebut tentunya inline dengan salah satu strategi inisiatif perusahaan di tahun 2022 yaitu pengembangan platform digital yang mengedepankan customer centric.  IFG Life membuktikan selain mengelola polis yang telah dialihkan pertanggungannya, IFG Life juga mampu mengembangkan sistem dan infrastruktur agar dapat melayani nasabah secara lebih efektif dan efisien dengan jangkauan yang lebih luas.

“Pada hakikatnya kami ingin memberikan customer experience yang memuaskan bagi para pemegang polis IFG Life. Kami akan senantiasa mengembangkan layanan demi mencapai kepuasan nasabah. Masukan dan saran yang membangun tentunya sangat diperlukan dalam proses development sistem,” ujar Direktur Operasional dan TI IFG Life Iskak Hendrawan.

Core Value AKHLAK

Pada 5 Desember 2022 IFG Life secara resmi mengumumkan perpindahan Kantor Pusatnya ke  Graha CIMB Niaga Lt. 6, Jalan Jenderal Sudirman Kaveling 58 Jakarta Selatan. Perpindahan ini juga disertai  berpindahnya Kantor Representatif Jakarta. Saat ini Kantor Pusat dan Kantor Representatif Jakarta IFG Life berlokasi di  Gedung yang sama.

Perpindahan Kantor IFG Life bertujuan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Dengan menempatkan Customer Center dan Kantor Representatif Jakarta dalam satu lantai gedung yang sama, hal ini dapat memudahkan koordinasi yang pada akhirnya meningkatkan kualitas layanan yang diberikan IFG Life kepada para nasabah. 

Desain kantor IFG Life  mengusung tema open office design. Ruang kerja yang terbuka memudahkan kolaborasi antar fungsi dan unit kerja. Harapannya dengan diterapkannya konsep baru ini ide-ide dan diskusi lebih mudah terjalin sehingga sinergi makin optimal.

Tema  baru ini  sejalan dengan implementasi penerapan Core Value Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK). Tata nilai inti ini menjadi pedoman perilaku utama bagi setiap insan IFG Life dalam bekerja.

No Comments

    Leave a Reply