Sandiaga: Pelaku UMKM Harus Tangkap Peluang di Tahun Politik

February 9, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para pelaku UMKM ekonomi kreatif Kalimantan Barat  berinovasi untuk menangkap peluang pada tahun politik.

“Tahun politik akan banyak kegiatan, pelaku usaha ekonomi kreatif dan UMKM harus bisa mempersiapkan diri dan menangkap peluang. Jangan jadi penonton, agar produk UMKM bisa dimanfaatkan pada tahun politik ini,” kata Sandiaga Uno saat memberikan materi pada pelatihan kata pelaku UMKM Ekonomi Kreatif di Pontianak, Kamis (9/2/2023).

Ia  mengatakan masa pandemi Covid-19 sudah dilewati, saatnya Indonesia untuk bangkit dari pandemi, salah satu cara untuk bangkit adalah dengan mengoptimalkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Indonesia masuk 3 besar dunia, karena ekonomi kreatif kita bisa mampu berada di posisi ketiga setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Agar ekonomi kreatif kita bisa bangkit, pemerintah daerah harus mampu mendukung pelaku UMKM ekonomi kreatifnya karena sektor ini harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” jelas dia.

Di hadapan ratusan pelaku UMKM Ekonomi Kreatif, Sandiaga berpesan, jika pelaku usaha ingin sukses, produk kerajinan dan UMKM harus inovatif, adaptif dan kolaboratif.

“Kita harus berani ambil risiko agar bisa berkembang dan tidak diam ditempat. Kita juga harus membangun silahturahmi karena selain bisa memperpanjang umur, memperpanjang rejeki.   Mau maju harus kerja cerdas, mau bermanfaat harus kerja tuntas dan kerja ikhlas. Di Kalbar sudah banyak desa wisata yang  masuk agenda wisata nusantara,” kata  Sandiaga. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply