Saham BMRI Bakal Stock Split Rasio 1:2

February 6, 2023

BRIEF.ID – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan melakukan stock split dengan rasio 1:2. Stock split saham akan direalisasikan setelah mendapatkan persetujuan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 14 Maret 2023.

Sedangkan awal perdagangan saham hasil stock split ditargetkan pada 12 April 2022. Dalam hal ini, setiap 1 saham lama senilai Rp 250 per saham akan dipecah menjadi 2 saham dengan nominal Rp 125.

“Pemecahan nilai nominal saham diusulkan dengan rasio 1:2, yaitu setiap satu lembar saham lama dengan nilai nominal Rp 250 menjadi dua saham dengan nilai nominal Rp 125 per saham,” demikian pengumuman Bank Mandiri yang dipantau Senin (6/2/2023).

Berdasarkan Prospektus Bank Mandiri, saham Seri A Dwiwarna akan tetap dipertahankan 1 saham dan sisanya akan diperhitungkan menambah saham Seri B milik Negara Republik Indonesia.

Disebutkan, stock split bertujuan untuk meningkatkan likuiditas perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini bisa dicapai dengan meningkatkan jumlah unit saham beredar.

Stock split tersebut juga bertujuan untuk memperluas distribusi kepemilikan saham melalui penyesuaian harga saham, sehingga mencapai trading range optimal untuk menjangkau berbagai lapisan investor.

Jika stock split terlaksana, jumlah saham BMRI akan meningkat dari 64 miliar saham menjadi 128 miliar saham.

No Comments

    Leave a Reply