RSCM Peringkat 36 The Most Reputable Academic Medical Center 2023

February 8, 2023

BRIEF.ID – Rumah Sakit Umum Pemerintah Nasional (RSUPN) Dr  Cipto Mangunkusumo berhasil menempati  peringkat 36 “The Most Reputable Academic Medical Center 2023.”

Pemeringkatan ini merupakan hasil studi yang dilakukan  Brand Finance, konsultan strategi independen terkemuka di dunia,  yang didirikan tahun 1996.  Brand Finance berkantor pusat di London, Inggris  dan tersebar di lebih dari 20 negara.

Metodologi yang digunakan Brand Finance untuk menentukan reputasi rumah sakit,  melalui wawancara yang melibatkan dokter, ahli bedah, dan penyedia layanan kesehatan lainnya di  47 negara  dengan melibatkan 50 AMCs dan 2500 tenaga kesehatan profesional.

Wawancara ini untuk mengetahui proses perawatan pasien, penelitian medis, serta pelatihan dan pendidikan yang mencerminkan keseluruhan layanan rumah sakit. Setelah menilai reputasi keseluruhan, selanjutnya dibagi menjadi 3 pilar utama yakni Investasi (25%), Ekuitas (50%) dan Kinerja (25%). Hasilnya, RSCM berhasil meraih skor 68,7% dan masuk ke peringkat ke-36 dunia.

Direktur Utama RSCM, dr  Lies Dina Liastuti menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan. Capaian ini menjadi tolok  ukur, amanah sekaligus tantangan yang harus terus dijaga dan ditingkatkan agar layanan kesehatan di Indonesia lebih baik lagi. Penghargaan ini merupakan bukti awal transformasi kesehatan yang dijalankan saat ini untuk memperkuat layanan rujukan.

“Alhamdulillah, penghargaan yang telah kita raih merupakan buah manis dari kerja keras Kementerian Kesehatan. Raihan ini tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam berkreasi ke depannya. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih,” kata dr Lies seperti dilansir laman resmi Kementerian Kesehatan, yang dipantau Rabu (8/2/2023).

Selain RSCM, ada juga RS akademik Universitas Gadjah Mada, RS Hasan Sadikin Bandung, dan RS Akademik Universitas Indonesia yang masuk peringkat Top 250 AMS 2023.

No Comments

    Leave a Reply