Presiden Jokowi Optimistis Pembangunan IKN Pasti Selesai

February 23, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis  proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pasti selesai dan berjalan sesuai  target yang telah ditetapkan.

“Saya hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa Ibu Kota Nusantara ini telah dimulai pembangunannya, baik infrastruktur, baik berupa nanti kantor, dan ini rumah menterinya,” kata Presiden Jokowi usai meninjau pembangunan proyek rumah menteri di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,  Kamis (23/2/2023).

Presiden Joko Widodo menyaksikan maket rumah untuk menteri di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Hadir pada kesempatan itu,  Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Presiden Jokowi mengatakan, proyek pembangunan IKN bukanlah proyek jangka pendek, karena   memakan waktu  10 hingga 15 tahun. Meski demikian, lanjutnya,  pembangunan infrastruktur IKN sudah mulai dikerjakan di lapangan.

“Jadi kalau ada yang masih ragu-ragu, di lapangannya sudah bergerak seperti ini,” jelas dia.

Disebutkan, salah satu infrastruktur yang sudah dimulai adalah pembangunan 36 unit  rumah  menteri, yang ditargetkan selesai pada Juni 2024 mendatang.

“Memang, kita ada target. Tanggal 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Nusantara,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi  menegaskan,  hingga saat ini tidak ada kendala maupun hambatan dalam pembangunan IKN, baik dari sisi anggaran maupun tenaga kerja.

“Sudah tidak ada masalah. Jadi bismillah ini sudah dimulai dan sekali lagi kita harapkan Juni (2024) selesai,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply