Presiden Jokowi Dukung Transformasi Sepakbola Indonesia

February 20, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan pengurus baru Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI),  di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Pada pertemuan itu, Kepala Negara memberikan sejumlah masukan kepada PSSI terkait transformasi sepak bola Indonesia.

“Beliau tadi memberikan masukan-masukan kepada kami bahwa bagaimana pemerintah siap mendukung transformasi sepakbola Indonesia,” ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan jajaran pengurus PSSI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Erick menambahkan, pemerintah akan mendukung pembangunan sejumlah infrastruktur yang dibutuhkan oleh tim nasional maupun PSSI, mulai dari pusat pelatihan, hingga lapangan-lapangan pertandingan untuk kejuaraan internasional. Tidak hanya itu, dukungan juga akan diberikan oleh pemerintah terkait perizinan.

“Ini tentu bagian yang luar biasa yang selama ini menjadi kendala. Pemerintah juga mendukung–tadi disampaikan melalui Kapolri–tidak hanya perizinan, tetapi juga bagian perbaikan dari sistem pengaturan skor, di mana Kapolri sendiri kemarin sudah menyampaikan sudah membentuk Satgas  penanganan mafia sepak bola,” kata  Erick.

Menurut Erick, Presiden Jokowi juga memberikan masukan agar terjalin kerja sama yang baik antara PSSI dengan pemerintah. Presiden meyakini transformasi sepak bola Tanah Air akan berhasil jika didukung oleh seluruh pihak, mulai dari pemerintah, PSSI, Kementerian/Lembaga, hingga masyarakat.

“Hal-hal ini kenapa kami sangat senang ketika kami bisa bertemu Bapak Presiden langsung dan mendapat komitmen penuh bahwa sepakbola ini akan menjadi yang penting, menjadi program pemerintah,” ujar Erick.

Terakhir, Presiden memberikan masukan kepada PSSI untuk membuat blueprint atau cetak biru persepakbolaan nasional, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Erick pun menegaskan bahwa pihaknya akan segera merealisasikan arahan tersebut.

“Ini menjadi komitmen kami bahwa blueprint sepak bola ini harus segera terjadi dan insyaallah kita buktikan dengan kepengurusan yang baru kita bisa bekerja memaksimalkan mungkin yang namanya sepak bola Indonesia,” kata Erick.

Mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan itu,  Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sementara itu, jajaran pengurus PSSI yang hadir antara lain Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, dan para anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

No Comments

    Leave a Reply