Presiden Jokowi: Abad Kedua NU, Penanda Kebangkitan Baru

February 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  optimistis,  abad kedua Nahdlatul Ulama (NU)  menjadi penanda kebangkitan baru organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam itu.

Selama ini, NU berperan signifikan  dalam membangun masa depan Indonesia yang maju dan bermartabat.

“Semoga momentum abad kedua NU ini menjadi penanda kebangkitan baru NU, memperkokoh keislaman dan keindonesiaan, meningkatkan kesejahteraan umat, serta membangun masa depan Indonesia yang maju dan bermartabat,” kata Presiden Jokowi pada  Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

Hadir pada acara itu,  Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden ke-5 Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden  Ma’ruf Amin, Ibu Wury Ma’ruf Amin,  BUMN  Erick Thohir, Menteri Agama  Yaqut Cholil Qoumas, Sekretaris Kabinet  Pramono Anung, Panglima TNI Yudo Margono,  Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf,  jajaran pengurus PBNU,  puluhan ribu kader NU yang memenuhi tribun stadion,  dan lebih dari satu juta Nahdliyin di sekitar stadion.

Kepala Negara mengatakan, atas nama rakyat Indonesia, Presiden pun menyampaikan apresiasi atas kontribusi yang telah diberikan NU terhadap bangsa dan negara.

“Saya mengucapkan tahniah dan syukur, mengucapkan tasyakuran terima kasih dan bersyukur atas peran NU untuk bangsa dan negara. Selama satu abad NU telah memberikan warna yang luar biasa untuk Ibu Pertiwi Indonesia: keislaman dan keindonesiaan, keislaman dan kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta kerukunan dalam keberagaman,” kata Kepala Negara.

Mengakar Kuat

Sebagai organisasi Islam yang mengakar kuat di masyarakat,  Kepala Negara mengungkapkan bahwa  NU telah menjaga ketahanan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan, pandemi Covid-19, hantaman gerakan-gerakan radikal, termasuk menjaga diri dari politik identitas dan ekstremisme.

“Sebagai organisasi Islam terbesar di dunia, NU layak berkontribusi untuk masyarakat internasional. Dan, pemerintah sangat menghargai upaya PBNU untuk ikut membangun peradaban dunia yang lebih baik dan lebih mulia,” ujarnya.

Ia  meyakini, memasuki abad kedua NU akan tumbuh semakin kokoh menjadi teladan dalam keberislaman yang moderat.

“Memberikan contoh hidup adab Islam yang baik, menjunjung akhlakul karimah dan adat ketimuran, tata krama, unggah-ungguh, etika yang baik dan adab yang baik, dan menjaga toleransi, menjaga persatuan, menjaga kegotongroyongan, serta terus mengikuti perkembangan zaman,” imbuhnya.

Di tengah gelombang perubahan, Presiden Jokowi menekankan agar NU tetap terdepan dalam membaca gerak zaman, membaca perkembangan teknologi dan transformasi ekonomi, serta  menjaga tatanan sosial yang adil dan beradab.

“Saya berharap, lembaga pendidikan di NU agar mempersiapkan nahdiyin-nahdiyin muda yang menguasai iptek terbaru, menguasai teknologi digital yang berkembang pesat, dan mampu menjadi profesional-profesional yang unggul. Selain itu, saya juga berharap agar NU merangkul dan memberi perhatian serius kepada generasi muda agar tetap mengakar kuat kepada tradisi dan adab ahlussunnah wal jamaah dan terus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply