Pembebasan Lahan Tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 5,90 Triliun

February 27, 2023

BRIEF.ID – Menteri  Keuangan (Menkeu)  Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp5,90 triliun untuk pembebasan lahan tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo, yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

“Selain  mengeluarkan Rp5,90 triliun dari sisi pembebasan lahan, kami juga memberikan dukungan APBN melalui penyertaan modal negara dari APBN ke BUMN Adi karya, yaitu sebesar Rp1,40 triliun,” kata Menkeu  pada kunjungan kerja dan inspeksi Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo di Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (27/2/2023).

Menkeu mengatakan, pengucuran dana sesuai  instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni pemerintah  harus fokus kepada penyelesaian proyek strategis nasional.

“Jadi dalam hal ini Adi Karya mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp1,40 triliun, harus ada kontrak kinerja mengenai proyek di mana lokasinya dan berapa anggarannya sehingga kami bersama Kementerian BUMN bisa melakukan monitoring,” katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan jalan tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo

Pemerintah, lanjut Menkeu,  melihat banyak kemajuan proyek strategis nasional yang memberikan pengaruh  luar biasa  pada masyarakat, baik  ganti untung maupun dari sisi dampak proyek strategis nasional terhadap kegiatan ekonomi.

Kementerian Keuangan sebagai pengelola APBN memiliki komitmen untuk terus mendukung percepatan penyelesaian proyek strategis nasional yang memiliki peran sangat penting bagi masyarakat bagi kesejahteraan dan juga bagi perekonomian.

“APBN dalam hal ini membantu penyelesaian proyek-proyek strategis nasional melalui dukungan anggaran yang sangat nyata, salah satunya yang tadi dilihat adalah dukungan dalam bentuk pengadaan lahan yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum di bawah kementerian keuangan yaitu LMAN, Lembaga Manajemen Aset Negara,” jelas Menkeu.

Dikatakan, infrastruktur adalah urat nadi dari sebuah perekonomian yang menentukan daya kompetisi, produktivitas, dan kemajuan sebuah bangsa dan perekonomian.

“Kami akan terus memberikan dukungan terhadap berbagai program-program dan proyek strategis nasional yang memang sudah ditetapkan sebagai proyek strategis,” katanya.

Di seluruh Indonesia saat ini  sebanyak 106 proyek strategis nasional yang nilainya dari pembebasan lahan  sebesar Rp106,5 triliun. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply