Jokowi Minta Pemda Benahi Manajemen Pasar Tradisional

February 10, 2023

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan  pemerintah daerah (Pemda) membenahi manajemen pasar tradisional agar  dapat bersaing dengan pasar modern. Sebab manajemen pasar yang baik, daya saing pasar tradisional meningkat dan menciptakan daya tarik tersendiri.

“Kalau persaingan harga pasti menang di pasar tradisional karena enggak kena pajak, enggak kena biaya listrik yang tinggi,  enggak kena biaya AC, bisa bersaing. Hanya memang perlu manajemen yang baik, penataan barang yang baik, pasar yang bersih, tempat parkir ada. Saya kira, semua daerah harus arahnya ke sana,” kata Presiden Jokowi  usai meninjau Pasar Bathupat Timur, di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023).

Presiden Joko Widodo berdialog dengan salah seorang pedagang di Pasar Batuphat, Lhokseumawe, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Jumat (10/2/2023).

Pada  setiap kunjungan ke daerah, Kepala Negara kerap berkunjung  ke pasar tradisional yang ada di daerah untuk memantau harga,  terutama harga kebutuhan pokok yang dapat memicu inflasi.

“Kalau ke pasar selalu saya dengan gubernur, dengan wali kota mengecek urusan harga-harga, mengecek urusan inflasi, mengecek urusan kenaikan barang dan jasa, karena ini penting,” ujarnya.

Presiden menyebutkan, harga barang kebutuhan pokok yang dijual di Pasar Bathupat  cenderung terkendali. “Saya lihat di sini baik,” katanya.

Mendampingi Presiden Jokowi pada peninjauan di Pasar Bathupat, di antaranya Pj Gubernur Nanggroe Aceh Achmad Marzuki dan Pj  Wali Kota Lhokseumawe Imran.

No Comments

    Leave a Reply