Insiden Pemukulan Pemain Indonesia, Asosiasi Sepakbola Fiji Minta Maaf

February 18, 2023

BRIEF.ID –  Asosiasi Sepak Bola Fiji (FFA) menyampaikan permohonan  maaf kepada PSSI  atas insiden pemukulan  yang dilakukan Pawan Pratap Singh terhadap  pemain timnas U-20 Frengky Missa saat digelar  laga Indonesia vs Fiji, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (17/2).

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada manajemen tim Indonesia, pemain dan penggemar pada umumnya dari kedua negara atas apa yang terjadi dalam pertandingan tersebut dan yakinlah bahwa tindakan yang tepat telah diambil,” ujar Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Fiji, Rajesh Patel dalam suratnya kepada PSSI dan  diunggah di laman PSSI, Sabtu (18/2/2023).

Rajesh menyatakan, Pawan telah dipulangkan ke Fiji  setelah pertandingan itu berakhir. Bek berusia 19 tahun itu   mendapatkan hukuman lanjutan meski tidak disebutkan sanksi apa yang diberikan kepadanya.

“Tindakan disiplin lebih lanjut akan diberikan kepada pemain yang bersangkutan. Manajemen tim sudah diarahkan untuk mengusahakan kedisiplinan tim, baik di dalam maupun di luar lapangan untuk persiapan pertandingan selanjutnya dan seterusnya,” kata Rajesh.

Rajesh menyatakan, Asosiasi Sepak Bola Fiji tidak memaafkan perilaku seperti Pawan di tim nasional.

“Kami tidak memaafkan perilaku seperti itu dari para pemain nasional kami di tim. Kami akan menindak keras para pemain yang merusak reputasi sepak bola dan negara,” jelas dia.

Pemukulan Frengky Missa oleh Pawan Singh dilakukan ketika terjadi keributan antara pemain Indonesia dan Fiji pada menit-menit akhir pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Akibat kejadian itu, Pawan mendapatkan kartu merah dari wasit Thoriq Alkatiri. Kartu merah tersebut menjadi yang ketiga untuk Fiji pada pertandingan itu. Sebelum Pawan, Thomas Dunn dan Melvin Mansheek juga dihukum serupa karena melakukan pelanggaran.

Penyerang Indonesia Hokky Caraka juga mendapatkan kartu merah lantaran terlibat dalam kericuhan yang melibatkan Pawan dan Frengky.

Timnas U-20 Indonesia menang 4-0 atas Fiji pada laga tersebut. Hasil itu membawa Indonesia memimpin klasemen sementara turnamen yang diikuti empat negara itu karena di pertandingan lain, Guatemala mengalahkan Selandia Baru 3-1.

Rencananya,  pada Minggu (19/2/2023), Indonesia akan melawan Selandia Baru di SUGBK mulai pukul 19.30 WIB. Sebelum itu, digelar pertandingan Fiji melawan Guatemala mulai pukul 16.30 WIB.

No Comments

    Leave a Reply