IMI Persiapkan Kawasan Bintan dan PIK Sebagai Sirkuit Balap F 1

February 19, 2023

BRIEF.ID – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat mempersiapkan kawasan Bintan di Kepulauan Riau dan Pantai Indah Kapuk (PIK)  di DKI Jakarta menjadi sirkuit ajang balap internasional Formula 1.  

Ketua Umum  IMI Pusat Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet menargetkan, pembangunan kedua sirkuit, utamanya untuk PIK akan selesai  akhir 2024.  

“Kita memiliki mimpi untuk menghadirkan F1 di Indonesia. Penjajakan sudah kita lakukan untuk membuat speed city circuit di PIK, dan semoga harapannya bisa dibangun dalam   waktu 8 hingga 9 bulan. Paling tidak di akhir atau pertengahan tahun 2024 bisa kita wujudkan mimpi ini,” kata Bamsoet pada  acara penganugerahan IMI Awards di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Ia mengatakan, menegaskan Sirkuit Internasional Bintan atau Bintan International Green Circuit (BIC/BIGC) bisa bersanding dengan Sirkuit Internasional Mandalika sebagai sirkuit yang layak dan bertaraf internasional.

Ketua MPR RI itu menjelaskan pembangunan sirkuit di Bintan memanfaatkan lahan sekitar seluas 237 hektare (ha) dan mengusung

konsep olahraga, gaya hidup, dan ramah lingkungan. Selain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, penyedia lapangan kerja, serta pariwisata berbasis olahraga di daerah, ia berharap kehadiran sirkuit juga dapat menjadi wadah bagi peningkatan prestasi atlet dan munculnya bibit-bibit atlet balap baru Indonesia.

“Hampir setiap minggu selalu diikuti  kejuaraan lokal dan nasional, terutama di daerah. Banyak daerah akan  berlomba untuk membangun  sirkuit sehingga diharapkan ada atlet-atlet muda yang muncul dan tumbuh dari sana,” kata Bamsoet. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply