Hambat Hilirisasi Industri, Presiden Jokowi Instruksikan TNI-Polri Berantas Aktivitas Ekspor dan Pertambangan Ilegal

February 8, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberantas aktivitas ekspor bahan tambang ilegal dan pertambangan ilegal yang sampai saat ini masih berlangsung di berbagai daerah.

Instruksi itu disampaikan Presiden Jokowi untuk menghentikan ekspor ilegal dan pertambangan ilegal yang sangat mengganggu proses hilirisasi serta industrialiasi yang kini dilakukan pemerintah.

“Tadi saya sampaikan, yang namanya ekspor ilegal masih berjalan. Yang namanya tambang ilegal masih berjalan. Ya proses hilirisasi dan industrialisasi menjadi terganggu,” kata Presiden Jokowi usai memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Pimpinan TNI dan Polri Tahun 2023 di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Presiden Jokowi mengatakan menjadi tugas TNI – Polri untuk menghentikan kegiatan ekspor bahan tambang serta pertambangan timah, dan bauksit batubara.

“Dan, tugas TNI dan Polri ada disitu kalau ekspor ilegal misalnya timah itu masih berjalan, bauksit masih ada, dan batu bara masih ada, sehingga penerimaan negara menjadi sangat berkurang karena itu,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply