FIFA Nobatkan Lionel Messi Sebagai Pemain Terbaik Dunia

February 28, 2023

BRIEF.ID – Federasi Sepakbola Dunia, FIFA menobatkan pemain Tim Nasional (Timnas) Argentina,  Lionel Messi  sebagai pemain terbaik dunia tahun 2022. Predikat pemain terbaik FIFA  adalah yang ketujuh kalinya diraih Messi.

Penghargaan bergengsi itu diterima  Messi dalam acara The Best FIFA Football Awards 2022 yang digelar di Paris, Prancis, Senin (27/2/2023) malam atau Selasa (28/2/2023) dini hari WIB.

Kemenangan ini tak lepas dari kesuksesan Messi membantu Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022  dalam final epik melawan Prancis yang diperkuat Kylian Mbappé di Qatar.  Messi juga dinobatkan sebagai pemain terbaik dengan torehan 7 gol dan 3 asisst pada turnamen empat tahunan  itu.

“Itu adalah tahun yang gila bagi saya.  Saya bisa memenuhi impian  Piala Dunia saya setelah berjuang begitu lama. Dan, pada akhirnya itu terwujud. Momen itu adalah hal terindah dalam karier saya. Itu adalah impian setiap pemain, tetapi sangat sedikit yang bisa mencapainya, jadi saya bersyukur kepada Tuhan karena bisa melakukannya,” kata Messi usai menerima trofi dari Presiden FIFA  Gianni Infantino.

Lionel Messi bersama Presiden FIFA  Gianni Infantino pada acara The Best FIFA Football Awards 2022 yang digelar di Paris, Prancis, Senin (27/2/2023)

Messi yang berusia 35 tahun juga berhasil memupus ambisi Mbappé – yang kini berjuang  meraih  penghargaan pemain terbaik pertamanya dari FIFA – untuk trofi Bola Emas yang diberikan  FIFA untuk pemain terbaik Piala Dunia.  Mbappé mendapatkan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak.

Dalam pemungutan suara Penghargaan FIFA, Messi meraih 52 poin, mengungguli duo penyerang Prancis,  dimana Mbappé raih 44  poin dan Karim Benzema 34 poin.

Mbappé, yang berusia 11 tahun lebih muda dari Messi  disebut-sebut akan menjadi  pewaris Messi di pentas sepakbola dunia. Ia untuk pertama kalinya masuk dalam daftar tiga pemain terbaik dunia. 

Sementara itu, bintang Real Madrid, Benzema memenangkan Ballon d’Or yang lebih bergengsi pada  Oktober 2022 menjelang gelaran Piala Dunia 2022. Penyerang Prancis itu melewatkan turnamen karena cedera. Messi tidak masuk dalam daftar panjang kandidat Ballon d’Or yang diumumkan pada Agustus lalu.

Selain Messi, ada dua orang lagi dari Timnas Argentina yang menerima penghargaan The Best FIFA 2022. Mereka adalah Emiliano Martinez sebagai kiper terbaik, dan Lionel Scaloni selaku pelatih terbaik.

Di kategori pemain wanita terbaik dunia di The Best FIFA 2022 adalah bintang Timnas Spanyol dan Barcelona, Alexia Putellas. Ini adalah gelar kedua beruntun bagi Putellas.

No Comments

    Leave a Reply