Dilanda Banjir, Aktivitas Lumpuh di Kota Makassar

February 13, 2023

BRIEF.ID – Banjir melanda Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (13/2/2023). Banjir disebabkan cuaca buruk disertai hujan  lebat dan sangat lebat sejak subuh hingga sore menyebabkan aktivitas di kota itu lumpuh.

Dilaporkan  air sudah menggenangi sebagian ruas jalan utama setinggi 30-40 sentimeter (cm), seperti di Jalan Protokol Andi Pangeran Pettarani,

Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan sejumlah jalan arteri lainnya,  termasuk daerah perkantoran.

Terjadi kemacetan parah karena air sudah menutupi jalan sehingga arus kendaraan tidak bergerak. Selain itu,  dilaporkan air  sudah masuk ke sebagian permukiman warga dan membutuhkan evakuasi dari tim penyelamat secepatnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar bersama Basarnas Sulsel telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk persiapan evakuasi.  

“Sementara ini ada 10 permintaan evakuasi masuk dari warga, dan telah dikoordinasikan dengan BPBD untuk pembagian tim evakuasi masing-masing lokasi tersebut,” kata Kepala Operasi Basarnas Sulsel, Muhammad Rizal.

Sementara itu, Wali Kota Makassar   Ramdhan Pomanto menyebutkan banjir yang menggenangi hampir seluruh kota,  selain disebabkan hujan dengan intensitas lebat juga dipengaruhi air pasang laut yang telah naik ke permukaan.

Innalilahi wa inna ilaihirajiun, Kota Makassar kena musibah banjir, bukan hanya di pinggir kota tapi di tengah kota. Ini disebabkan dari pantauan satelit cuaca, kita mengalami hujan lebat hingga sore hari disertai air pasang tapi tidak terlalu tinggi,” katanya.

Ia  menjelaskan, sejak Senin (13/2) pagi terjadi kenaikan air pasang laut, sehingga air hujan tidak mengalir bebas ke muara, termasuk faktor drainase tersumbat mengakibatkan genangan air. Sedangkan untuk air pasang laut terjadi dua kali hingga Senin siang.

“Tadi pukul 09.00 WITA air pasang dan diperkirakan pukul 18.00 WITA nanti air pasang naik lagi, itu lebih tinggi dari pada sekarang. Tapi, kami seluruh jajaran turun ke lapangan untuk memastikan kondisi masyarakat aman,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply