Bamsoet: Sportourism Majukan Ekonomi Lokal  

February 18, 2023

BRIEF.ID – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet menyatakan,  perhelatan olahraga motor nasional dan internasional dikolaborasikan dengan pariwisata (sportourism) memajukan  ekonomi lokal.

“Misalnya  dibangunnya Sirkuit Mandalika. Selain menjadi tempat perhelatan kejuaraan balap dunia, ini sekaligus merupakan upaya pengembangan ekonomi pariwisata lokal di Nusa Tenggara Barat,” kata  Bamsoet  di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) itu mencontohkan, kehadiran Sirkuit Mandalika tak hanya bisa membawa banyak tim dan pebalap dunia menjajal trek, namun juga memberikan dampak ekonomi yang bertumbuh berkat para penonton dan penggemar yang mengunjungi wilayah itu.

Ia mengatakan,  promosi pariwisata yang mendunia, sportourism akan ikut membangkitkan sektor UMKM, restoran, hotel dan hunian rakyat (home stay) di daerah itu.

Selain itu,  pengenalan objek wisata melalui peristiwa olahraga  dapat meningkatkan minat para pelancong untuk mengunjungi destinasi wisata Indonesia lainnya lebih luas lagi.

“Mulai dari awalnya perencanaan yang cukup panjang untuk Sirkuit Mandalika, dan akhirnya berdiri, kita mampu menghadirkan kejuaraan internasional seperti MotoGP, WSBK, yang dampak ekonominya sangat luar biasa untuk NTB dan promosinya untuk wisata Indonesia juga cukup besar,” ujar dia.

“Sebanyak 1,4 miliar mata dunia melihat Indonesia dari kurang lebih 140 negara. Tahun ini,  Mandalika akan dilanjutkan event yang sama, yaitu WSBK, MotoGP. Ada juga MiniGP, MXGP, Formula E, lalu sedang kami perjuangkan untuk Formula 1 ke depan,” imbuhnya.

Bamsoet mengatakan dukungan untuk meningkatkan sportourism di Indonesia memerlukan kolaborasi dari banyak pihak, termasuk pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat.

No Comments

    Leave a Reply