11 Tahun Traveloka,Wujudkan Komitmen Berinovasi yang Berfokus pada Konsumen untuk Kemudahan Rencana Perjalanan

February 24, 2023

BRIEF.ID – Memasuki usianya yang ke-11, Traveloka sebagai platform travel terdepan se Asia Tenggara, menegaskan komitmennya dalam menghadirkan solusi end-to-end kebutuhan perjalanan konsumen. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke-11, Traveloka memberikan apresiasi lebih kepada para konsumennya dengan menghadirkan program promosi Traveloka EPIC Salebrat11on serta fitur-fitur terbarunya Let’s Go with Traveloka dan Traveloka Preferred Partner untuk dapat mewujudkan aspirasi perjalanan yang berorientasi pada kebutuhan konsumen.

Chief Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana mengatakan, minat pariwisata masyarakat mulai kembali pulih, saat ini konsumen semakin mengedepankan perencanaan perjalanan yang personalized dan fleksibel. “Hari jadi Traveloka yang ke-11 merupakan momentum yang tepat bagi kami untuk mengapresiasi para konsumen, serta memperkuat komitmen perusahaan yang secara konsisten menghadirkan beragam produk dan fitur yang dirancang untuk mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan perjalanan mereka. Hal ini juga diharapkan dapat turut bersamaan menstimulasi percepatan pemulihan pariwisata,” ungkap Shirley.

Pasca pandemi, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan, baik untuk kebutuhan bisnis maupun wisata terus mengalami peningkatan. Hal ini membawa optimisme industri pariwisata ke arah positif di mana baru-baru ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan nilai devisa pariwisata di kisaran USD 2,07 miliar hingga USD 5,95 miliar pada 2023 dengan target jumlah wisatawan mancanegara berkisar 3,5 juta hingga 7,4 juta kunjungan dan wisatawan nusantara di rentang 1,2 juta hingga 1,4 juta kunjungan.

Melihat potensi tersebut yang bertepatan dengan hari jadi ke-11, Traveloka memperkenalkan program promosi spesial bertajuk EPIC Salebrat11on. Program promosi spesial ini memungkinkan konsumen menikmati diskon hingga 80% untuk semua kategori produk dan layanan yang tersedia di aplikasi Traveloka mulai dari 24 Februari – 3 Maret 2023. Tak hanya itu, Traveloka juga mengadakan Roadshow EPIC Salebrat11on di 11 kota di Indonesia. Melalui kegiatan ini, Traveloka menyediakan keuntungan tambahan untuk para konsumen yang hadir ke booth. Konsumen juga dapat memainkan games interaktif untuk memenangkan merchandise dengan desain spesial hingga doorprize untuk dua pemenang dengan jumlah transaksi tertinggi. Selanjutnya, Traveloka akan hadir di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Surabaya untuk memberikan ragam keuntungan lebih kepada pengguna di kota lain.

Guna memastikan konsumen mendapatkan pengalaman perjalanan dengan mudah sesuai kebutuhannya, Traveloka juga menghadirkan Let’s Go with Traveloka sebagai panduan perjalanan yang dapat digunakan konsumen dalam menjelajahi 11 destinasi negara tujuan wisata pilihan di seluruh dunia. Inisiatif ini akan diluncurkan bertahap dimulai pada 27 Februari 2023. Di kuartal pertama 2023, Let’s Go with Traveloka akan mengangkat destinasi favorit di Asia, yaitu Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Vietnam. Memasuki kuartal ke-2, giliran Saudi Arabia, Amerika Serikat dan Inggris, diikuti dengan negara-negara lain termasuk Indonesia.

Selain itu, Traveloka juga telah meluncurkan fitur terbarunya, Traveloka Preferred Partner guna memfasilitasi konsumen dalam menentukan perencanaan perjalanan. Fitur ini memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memilih akomodasi di tujuan pilihannya. Tersedia lebih dari 4 ribu mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, fitur juga memungkinkan konsumen mendapatkan keuntungan lebih seperti adanya harga khusus serta jumlah Traveloka Poins yang lebih banyak bagi pemesanan akomodasi yang terdaftar pada fitur Traveloka Preferred Partner dibandingkan pemesanan akomodasi biasa.

Menanggapi peran Traveloka dalam menghadirkan inovasi digital bagi industri pariwisata, Teguh Dartanto, Ekonom Universitas Indonesia (UI) mengatakan bahwa inovasi digital mendorong perubahan pola di dunia pariwisata. Platform digital mendorong pertumbuhan pariwisata yang sangat berdampak positif bagi ekonomi lokal. Sebab wisata kini bisa menjadi lebih ekonomis sehingga pertumbuhannya lebih pesat.

Melalui platform digital, menurut Teguh, tujuan wisata baru hadir dengan lebih menekankan sensasi pengalaman, atau keunikan potensi sebuah destinasi. Artinya, digitalisasi menjadi sangat penting untuk memperkenalkan tujuan wisata lama maupun baru menjadi lebih luas jangkauannya.

“Sebagai perusahaan teknologi, Traveloka memahami bahwa inovasi merupakan hal yang krusial untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi perjalanan yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen. Oleh karena itu, dengan usia Traveloka yang memasuki ke-11 tahun ini, kami sangat bersyukur dengan dukungan dan kepercayaan yang diberikan konsumen, para mitra, pemerintah, serta pemangku kepentingan terkait lainnya. Hal ini akan mendorong kami untuk senantiasa berperan aktif pada pertumbuhan industri pariwisata yang kian meningkat sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif di kawasan Asia Tenggara,” tutup Shirley.

No Comments

    Leave a Reply