Target Kunjungan 7,4 Juta Wisman, Menparekraf: Kompetisi Olah Raga Jadi Pendorong

January 25, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan ajang kompetisi olah raga berskala internasional menjadi pendorong meningkatnya arus masuk wisatawan manca negara (wisman) ke Indonesia. Pada tahun 2023, pemerintah menargetkan sebanyak 7,4 juta kunjungan wisman.

“Tahun ini, kunjungan wisman ditargetkan 7,4 juta. Jadi, salah satu strateginya adalah menggelar event berkelas dunia, berskala internasional,” kata Sandiaga usai mengikuti rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) khusus membahas tentang pelaksanaan kegiatan olah raga nasional dan internasional.

Sandiaga mengatakan, satu ajang yang akan digelar adalah F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara, pada akhir Februari 2023 mendatang. Ajang tersebut selain akan meningkatkan jumlah wisatawan, juga menggerakkan ekonomi daerah.

“Ini tentunya sudah dipersiapkan, mudah-mudahan semuanya akan berjalan lancar, dan akan menarik 25 ribu wisatawan, menggerakkan ekonomi setempat di Tanah Toba,” ungkap Sandi.

Selain itu, Indonesia juga akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 (FIBA World Cup). Nantinya, FIBA World Cup yang diikuti 8 negara akan digelar di Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Ajang lainnya adalah Piala Dunia FIFA U20 (FIFA World Cup Under 20). Sandi menyebut, penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20 di Indonesia diharapkan dapat memberikan manfaat bagi persepakbolaan Tanah Air maupun perekonomian nasional.

“Juga tentunya peningkatan dari image Indonesia sebagai negara yang bisa meng-host turnamen-turnamen berskala internasional,” tutur Sandi.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: