Puan Imbau Negara-negara Muslim Tingkatkan Partisipasi Perempuan

January 31, 2023

BRIEF.ID –  Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan isu partisipasi perempuan saat berbicara di forum Parliamentary Union of the Organisation of Islamic Cooperation (PUIC) atau Konferensi Persatuan Parlemen Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-17  di Aljir, Aljazair.

Puan mengatakan negara-negara  Muslim wajib meningkatkan partisipasi perempuan di berbagai bidang kehidupan, termasuk politik. Sebab kemajuan di negara-negara Muslim akan sangat dipengaruhi oleh kesempatan yang sama untuk perempuan berkontribusi dalam proses pembangunan.

“Kita harus menunjukkan bahwa perempuan bisa unggul dalam komunitas Muslim. Saya sebagai Ketua DPR RI, mewakili kemajuan perempuan di negara saya, negara mayoritas penduduk Muslim terbesar,” kata Puan melalui keterangan tertulis, Selasa (31/1/2023).

Ketua DPR RI Puan Maharani

Ia mengatakan, kemajuan di negara-negara Muslim akan sangat dipengaruhi kesediaan pemimpin untuk memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk berkontribusi dalam proses pembangunan.

“Untuk mencapai modernisasi dan kemajuan pembangunan, perempuan sangat penting, karena mereka merupakan setengah dari populasi dunia,” katanya.

Pada forum PUIC, Puan juga berbicara mengenai tantangan jangka panjang negara-negara Muslim selama beberapa dekade ini. Salah satunya perpecahan yang membuat negara-negara Muslim tidak berdaya di pentas global.

Puan menekankan pentingnya negara-negara Muslim bersatu agar dapat

memainkan peran yang sangat strategis dalam mengatasi tantangan global, termasuk menciptakan perdamaian, meningkatkan taraf hidup, dan mengurangi emisi.

“Negara-negara Muslim seharusnya tidak menjadi bagian dari masalah. Kita harus menjadi bagian dari solusi. Itu adalah manifestasi dari Islam rahmatan lil ālamīn, rahmat bagi alam semesta,” katanya.

Ia meminta negara-negara anggota PUIC untuk bersatu dalam menghadapi besarnya tantangan saat ini.

“Mari kita bekerja sama untuk memperkuat solidaritas di antara umat Islam dan membuat konferensi ini berkontribusi pada persatuan dunia Islam,” kata Puan.

No Comments

    Leave a Reply