Presiden Jokowi Sambut PM Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor

January 9, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim  di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (9/1/2023).

Ini adalah kunjungan pertama PM Anwar  setelah dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia, 24 November 2022. Malaysia  adalah salah satu  mitra dagang penting bagi Indonesia.

Pada 2021, Indonesia adalah mitra dagang global terbesar ke-7 Malaysia dan ke-3 di ASEAN dengan nilai perdagangan RM95,31 miliar atau sekitar Rp337,806 triliun.

Sementara itu, pada Januari-November 2022, Indonesia tercatat sebagai mitra dagang terbesar ke-6 Malaysia secara global, dan mitra dagang terbesar ke-2 di ASEAN dengan total perdagangan meningkat sebesar 41,7 persen senilai RM120,26 miliar atau sekitar Rp427.442 triliun.

Sesuai tradisi yang dibangun Presiden Jokowi, kedatangan Presiden Marcos Jr dan Ibu Liza  disambut pasukan, yang terdiri atas pasukan berkuda, pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia, dan korps musik di pintu gerbang Istana Kepresidenan Bogor.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang mengenakan stelan jas warna gelap  menunggu Tamu Negara di depan Istana Kepresidenan Bogor. Setibanya PM Anwar, kedua pemimpin langsung bersalaman akrab dan selanjutnya, Presiden Jokowi selaku tuan rumah mengajak tamunya untuk mengikuti upacara penghormatan kenegaraan di Halaman Depan Istana Kepresidenan Bogor. Tembakan kehormatan 21 kali juga dilakukan pasukan.

Pada saat digelar upacara penyambutan  yang menerapkan protokol kesehatan,  diperdengarkan lagu kebangsaan Malaysia “Negaraku“ dan lagu kebangsaan Republik Indonesia “Indonesia Raya.”

Setelah itu, Presiden Jokowi mengajak PM Anwar untuk melakukan inspeksi pasukan dan selanjutnya memperkenalkan jajaran menteri yang mendampinginya.

Setelah saling memperkenalkan jajaran pejabat pendamping, Presiden Jokowi mengajak tamunya melakukan sesi foto bersama dan menandatangani Buku Tamu.

Selanjutnya,  Presiden Jokowi bersama  tamunya menuju veranda Istana Bogor untuk melakukan perbincangan singkat. Setelah itu, kedua pemimpin  berjalan menuju halaman belakang Istana  Bogor untuk  melakukan penanaman pohon kayu Merawan di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Setelah penanaman pohon, Presiden Jokowi mengajak tamunya  berkeliling Kebun Raya Bogor.

Setelah itu, digelar pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia yang dipimpin Presiden Jokowi dan delegasi Malaysia.

Kedua pemimpin juga dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman, yang dilakukan pejabat kedua negara.

No Comments

    Leave a Reply