PPKM Dicabut, Industri Pariwisata dan Ekraf Bangkit

January 30, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, industri pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf)  mulai bangkit  menyusul dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pada 30 Desember 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mencabut PPKM untuk menggerakkan kembali roda perekonomian yang terhenti akibat merebaknya pandemi Covid-19.

“Setelah selama sebulan PPKM dihentikan,  aktivitas ekonomi,  khususnya  pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat  signifikan. Tingkat  hunian kamar hotel berkisar 80 sampai 90% di beberapa destinasi pariwisata. Dan, di destinasi favorit, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali malah mencapai angka 100%,” kata Sandiaga saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Atraksi tari tradisional Bali

Rapat yang dipimpin Presiden Jokowi khusus membahas tentang peningkatan aktivitas perekonomian dan pariwisata pasca pencabutan PPKM.  

Sandiaga mengungkapkan,  tahun ini pemerintah telah menaikkan target pasar wisatawan mancanegara   melalui  kebijakan  penambahan jumlah penerbangan dan  mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

“Bapak Presiden memberikan arahan agar pembangunan  di  Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata dipercepat sehingga akan tercipta peluang usaha dan lapangan kerja,” jelas dia

Upaya lainnya yang ditempuh adalah menyederhanakan aturan atau deregulasi dan pemberian kemudahan dalam penyelenggaraan  acara. Diharapkan penerapan  kebijakan itu akan memicu lebih banyak kegiatan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition), ajang berbasis musik, dan olah raga.

“Diharapkan bisa mendorong terciptanya kunjungan 7,4 juta wisatawan mancanegara  7,4  pergerakan 1,4 miliar wisatawan nusantara, penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru, pemberdayaan UMKM, dan desa wisata kreatif,” kata Sandiaga.

No Comments

    Leave a Reply