Pilpres 2024, Publik Dukung Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir

January 6, 2023

BRIEF.ID – Mayoritas publik mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir maju sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 mendatang.  Duet Ganjar-Erick dinilai pasangan tepat karena merupakan perpaduan dua figur yang dekat dengan rakyat.

Menurut Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnersip (DEEP) Indonesia Neni Nur Hayati,  penguatan dukungan pada Ganjar- Erick  adalah cerminan aspirasi masyarakat yang mayoritas dari generasi muda.

“Priangan Timur  (Jawa Barat) itu preferensi pemilih muda tinggi sekitar 60% dari total jumlah DPT, sehingga wajar banyak yang menjatuhkan pilihannya ke Ganjar dan Erick. Ini menjadi pasangan ideal capres-cawapres yang akan memiliki keberpihakan pada anak muda,” ujar Neni dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Selain itu,  Ganjar adalah  representasi paling lekat dengan  Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok yang merakyat. Sementara Erick Thohir menjadi menteri andalan  di kabinet.

“Ada pengaruh kuat di kalangan publik bahwa Jokowi sebagai sosok pemimpin sederhana dan merakyat yang karakter kepemimpinan tersebut ada di sosok Ganjar. Sementara Erick, selama menjadi Menteri BUMN dengan program yang menyentuh basis anak muda dengan pemanfaatan platform digital,” tutur Neni.

Dalam pandangan Neni, selama menjadi menteri, Erick Thohir banyak mengedepankan kepentingan kalangan muda. Hal ini ditunjukkan dengan kepercayaan yang diberikan kepada anak-anak muda di posisi-posisi penting di kementerian dan perusahaan BUMN.

Sementara itu, Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan jaring aspirasi merupakan cermin potret harapan masyarakat Priangan Timur. Pasangan Ganjar-Erick menjadi pasangan yang paling banyak diharapkan muncul pada ajang Pilpres mendatang.

Berdasarkan jaring aspirasi yang dilakukan Kelompok Relawan Balad Jokowi di Priangan Timur yang meliputi Kabupaten Ciamis, Garut, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya pada periode November-Desember 2022, nama pasangan Ganjar-Erick menjadi top of mind sebagai pasangan capres-cawapres favorit.

“Jaring aspirasi yang dilakukan Relawan Balad Jokowi saya kira bisa menjadi salah satu sinyal dari masyarakat Priangan Timur, bahwa pasangan Ganjar-Erik memang diharapkan menjadi pasangan yang melaju di Pilpres mendatang,” ujar Arif.

Pola penjaringan yang dilakukan Balad Jokowi melibatkan partisipasi semua kader bisa digunakan partai politik dalam menentukan capres dan cawapres.

Relawan Balad Jokowi melakukan jaring aspirasi terhadap 30 ribu responden di Priangan Timur selama November-Desember 2022. Hasilnya persentase terbesar sebagai calon presiden  diraih nama Ganjar Pranowo dengan persentase sebesar 47,2%, mengungguli Anies Baswedan 32,8%, dan Prabowo Subianto sebesar 20%.

Sementara itu, Erick Thohir difavoritkan warga Priangan Timur sebagai Wakil Presiden dengan persentase sebesar 43%. Angka itu mengungguli nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meraih hasil 40%, dan Sandiaga Uno yang memperoleh persentase 17%.

No Comments

    Leave a Reply