Perayaan Malam Tahun Baru 2023, Kapolri Apresiasi Peran Serta Masyarakat

January 1, 2023

BRIEF.ID – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi peran serta masyarakat  menjaga kondusivitas  keamanan  pada pelaksanaan perayaan malam Tahun Baru 2023 di seluruh Indonesia.

“Pantauan terkini situasi menjelang pelaksanaan tutup tahun, memasuki awal tahun baru, secara umum tadi dilaporkan dari wilayah Indonesia bagian Barat, Timur dan Tengah secara umum baik,” kata Kapolri  di Mako Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (31/12/2022).

Kapolri mengatakan ada sejumlah wilayah yang menjadi pengecualian,  antara lain Sulawesi Selatan yang baru saja mengalami musibah longsor sehingga tugas pengamanan di wilayah itu  difokuskan pada tugas pencarian dan penyelamatan (search andcrescue/SAR).

Wilayah Papua   secara umum dilaporkan terkendali, walau sempat terjadi peristiwa serangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Namun semuanya bisa diatasi. Malam ini dilaporkan semuanya terkendali. Kita harapkan perayaan malam Tahun Baru di Papua dan sekitarnya bisa berjalan lancar sehingga masyarakat bisa tutup tahun dengan baik,” ujarnya.

Kapolri  berharap Tahun Baru 2023 bisa membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat Tahun Baru kepada masyarakat. Semoga kita bisa melawati tahun ini dengan baik dan penuh dengan harapan, penuh dengan kesuksesan dan tentunya kebaikan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu,  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan cuaca di seluruh Indonesia terpantau cerah dan kondusif. Meski demikian seluruh personel TNI yang bertugas tetap diminta siaga apabila terjadi situasi darurat.

“Saat ini hampir semua wilayah khususnya di laut terjadi gelombang tinggi sehingga tadi kita sampaikan kepada jajaran supaya tetap siaga, siaga SAR, siaga tanggap darurat, untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi,” kata Panglima.

Jajaran TNI akan terus menyiagakan personel untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin 2022.

“Sampai selesainya Operasi Lilin, saya sampaikan seluruh jajaran, khususnya TNI supaya tetap BKO dan mem-backup tugas pengamanan ini,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply