Peneliti: PDI Perjuangan, Partai Politik Paling Berpengaruh

January 3, 2023

BRIEF.ID –  Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional Aisah Putri Budiatri berpendapat PDI Perjuangan adalah partai politik (Parpol) yang paling berpengaruh dalam percaturan politik di Indonesia saat ini.

“Dalam posisi saat ini, PDIP bisa dibilang sebagai partai yang paling berpengaruh di percaturan politik Indonesia karena menjadi partai pemenang pemilu dengan kursi terbanyak di DPR dan memiliki kader sebagai presiden hingga 2024,” kata Aisah seperti dilansir Antara, Selasa (3/1/2022).

Ia mengatakan, hal itu bisa terjadi tak terlepas dari rekam jejak partai itu dalam melakukan transformasi diri menjadi partai politik modern dan profesional. Di tangan Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri, PDIP sukses meraih kursi terbanyak di DPR, bahkan menempatkan kadernya sebagai seorang presiden.

PDI Perjuangan, lanjutnya,  membuktikan diri sebagai parpol modern, dengan banyaknya kantor partai yang dibangun. Kantor tersebut diatasnamakan partai dan bukan milik pribadi.

Selain itu, PDI Perjuangan memiliki standar kualifikasi manajemen ISO 9001:2015. Penuturan Aisah ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Selama dua tahun terakhir telah dibangun 112 kantor partai sebagai pusat pengorganisasian kegiatan.

PDI Perjuangan menjadikan kantor partai sebagai rumah rakyat dan menjadi aset tetap partai yang tidak boleh diperjualbelikan. Parpol itu  juga tercatat sebagai partai yang selama tiga tahun berturut-turut menjadi partai dengan kategori informatif dan juga satu-satunya partai di Asia dengan standar kualifikasi manajemen ISO 9001:2015.

Oleh karena itu, Aisah mengaku tidak heran bahwa atas berbagai upaya pelembagaan partai itu, PDI Perjuangan mendapatkan apresiasi dengan elektoral partai yang tertinggi berkisar 24 hingga 26%.

“Langkah-langkah partai untuk membuat sekolah partai, mendapatkan ISO, dan lainnya menunjukkan upaya partai menjadi partai modern dan tentu patut untuk diapresiasi,” jelasnya.

Pada  tanggal 10 Januari 2022, PDI Perjuangan akan merayakan hari ulang tahun ke-50. Partai berlambang banteng  moncong putih itu harus merancang masa depannya untuk bisa lebih baik.

“Tantangan terdekat yang dihadapi PDI Perjuangan adalah harus bisa meraih kemenangan lagi, tak hanya pada pemilu legislatif, namun juga Pemilu Presiden 2024,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply