Menkes Ajak Lansia dan Penderita Komorbid Booster Kedua

January 26, 2023

BRIEF.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat kelompok lanjut usia (Lansia) dan penderita komorbid untuk segera vaksin booster kedua.

“Pesan yang penting adalah dibooster kedua yang Lansia dan menderita komorbid,” kata Menkes di Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Menkes mengatakan, vaksi booster kedua sampai sekarang masih gratis.

“Kita ada rencana, kan strategi dari pandemi ke endemi akan banyak langkah yang dilakukan. Intinya intervensi pemerintah yang mengatur masyarakat untuk memerangi supaya partisipasi masyarakat atas kesadaran sendiri bisa ditingkatkan. Karena obat-obatan, vaksinya ada,”kata Menkes.

Disebutkan, saat ini pemerintah sedang menunggu hasil sero survei, yang akan terbit pada awal Februari 2023. Menurut WHO, lanjut Menkes padnemi Covid-19 sifatnya global bukan Indonesia yang memutuskan sendiri.

“Beda dengan Singapura, beda sama Amerika Serikat. Tidak seperti itu karena orangnya travel kemana-mana,” jelas Menkes.

Menurut Menkes, saat ini pemerintah sedang berkomunikasi dengan WHO yang dikoordinasi Menko Pereskonomian Airlangga Hartarto.

“Hampir seluruh dunia pimpinannya melihat Covid-19 sudah terkendali dan semakin terkendali tinggal di beberapa negara saja,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply