Menhan Berencana  Buka Kampus Unhan di Luar Pulau Jawa

January 29, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berencana  membuka kampus Universitas Pertahanan (Unhan) di luar Pulau Jawa untuk memberi kesempatan kepada generasi muda di daerah menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas.

“Kita akan buka kampus-kampus selain di Jawa. Kita ingin membuka kampus  Unhan di luar Jawa,” ujar Menhan pada peluncuran  program Pemuda Bela Negara di Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (28/1/2023).

Selain di Bogor, Jawa Barat, lanjut Menhan, nantinya kampus Universitas Pertahanan akan didirikan di Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan provinsi lainnya di Indonesia.

Universitas Pertahanan didirikan berdasarkan Perpres Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Program studi Unhan merujuk Keputusan Mendiknas Nomor: 196/E/O/2011 tanggal 7 September 2011 tentang Penyelenggaraan Program-Program Studi pada Universitas Pertahanan Republik Indonesia di Jakarta.

“Jadi, siapa tahu ada kepala daerah di Sumatera Utara, gubernur, wali kota atau bupati punya lahan mau dibangun sekolah semacam SMA Taruna Nusantara, kami siap,” kata Menhan.

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan bersama pemerintah daerah siap mewujudkan berdirinya kampus Unhan yang baru.

“Di Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan sebagainya harus ada sekolah unggulan. Politeknik-politeknik juga bisa menyerap para pemuda yang nantinya bisa berkarya,” kata dia. 

Menhan juga mengatakan kuliah di Unhan tidak dipungut biaya sepeser pun dan tidak ada rekomendasi maupun surat untuk masuk ke perguruan tinggi milik pemerintah itu.

“Kau anak orang besar, orang kecil, tidak ada perbedaan. Yang penting adalah lulus persyaratan masuknya,” kata dia.

Ia menambahkan mahasiswa yang kuliah di Unhan berasal dari beragam latar belakang, ada anak tukang cendol dan anak buruh yang masuk program studi kedokteran, teknik dan lain sebagainya. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply