Kasad Jenderal Dudung Abdurachman Naikkan Pangkat Luar Biasa Prajurit yang Viral Gadaikan Motor

January 24, 2023

BRIEF.ID – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada prajurit Babinsa Koramil 02/Sungai Pinang, Kodim 0901/Samarinda Kopral Kepala (Kopka) Azmiadi yang kisahnya viral di dunia maya.

Kisah Kopka Azmiadi viral setelah ia menggadaikan sepeda motornya untuk menyewa eskavator demi mengevaluasi sebuah truk tronton yang mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas hingga nyaris 16 jam di wilayah Gunung Manggah, Samarinda, Kalimantan Timur.

Atas tindakannya, Azmiadi diberi kenaikan pangkat luar biasa menjadi Sersan Dua yang diserahkan langsung oleh  Jenderal Dudung di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Jenderal Dudung mengatakan, tindakan Azmiadi sejalan dengan Tujuh Perintah Harian Kasad, terutama poin kelima, yaitu TNI harus hadir di tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

Tindakan Azmiadi yang memenuhi poin keenam Tujuh Perintah Harian Kasad, yakni melakukan tindakan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat terhadap TNI AD.

Jenderal Dudung menyampaikan apresiasi yang tinggi atas tindakan Azmiadi sembari menegaskan agar seluruh Babinsa di Indonesia melakukan hal yang sama dalam bentuk berbeda.

“Saya yakin, seluruh jajaran di TNI Angkatan Darat, para Babinsa melakukan hal yang sama, namun dalam bentuk yang berbeda. Motto TNI Angkatan Darat di ‘Hati Rakyat’ harus betul-betul diimplementasikan. Sering saya katakan bahwa TNI Angkatan Darat harus dicintai rakyatnya, tetapi lebih hebat lagi dia harus mencintai rakyatnya,” kata Jenderal Dudung.

Ia  berpesan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat dimanapun bertugas bila untuk bangsa dan negara jangan pernah ragu-ragu, dan jangan terlalu banyak berpikir tapi lakukan yang terbaik.

Dalam pertemuan itu, Azmiadi yang didampingi Dandim 0901/Samarinda Kolonel Arm. Novi Herdian sempat menceritakan lebih rinci kronologi kejadian mogoknya truk tronton yang mendorongnya berinisiatif menggadaikan sepeda motor demi melancarkan kembali arus lalu lintas di wilayah Gunung Manggah, Samarinda. 

No Comments

    Leave a Reply