Kadin  Indonesia Gandeng  Visa Worldwide Perkuat Literasi Keuangan Pelaku UMKM

January 30, 2023

BRIEF.ID – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng  Visa Worldwide, perusahaan pemimpin sistem pembayaran digital untuk memperkuat literasi keuangan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menggunakan modul Practical Money Skills.

Perjanjian kerja sama Kadin Indonesia – Visa ditandatangani Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dan Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman di Jakarta.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dan Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman menandatangani perjanjian kerja sama Kadin Indonesia – Visa Worldwide Indonesia.

Menurut keterangan resmi Kadin Indonesia, yang diterima Brief.id, pada Senin (30/1/2023), menyebutkan bahwa  modul   Practical Money Skills  akan dijadikan sebagai  panduan edukasi keterampilan dan literasi keuangan dari Visa,  yang akan didistribusikan kepada berbagai UMKM  binaan Kadin Indonesia.  Kadin juga akan melibatkan Visa  pada berbagai program keterampilan keuangan digital yang akan dilaksanakan Kadin  Indonesia dan mitra-mitra lainnya.

“Salah satu kunci untuk membantu UMKM berkembang dan naik kelas adalah meningkatkan inklusi keuangan digital. Dengan memiliki kemampuan penyerapan tenaga kerja yang besar, yaitu 97% dan mendominasi 99% struktur usaha Indonesia,” kata Arsjad.

Menurut Arsjad,  UMKM berperan penting sebagai katalisator perekonomian Indonesia. Di sisi lain, lanjutnya, UMKM Indonesia masih memiliki keterbatasan dalam akses dan literasi keuangan.

“Keterampilan digital UMKM masih tergolong rendah sehingga menghambat skalabilitas dan integrasi dengan pasar ekspor dan global value chain. Kolaborasi ini dapat memeratakan inklusi keuangan dan meningkatkan keterampilan digital terutama bagi UMKM,” ujar Arsjad.

Pemerintah  menargetkan 30 juta UMKM onboard digital  atau masuk ke platform digital pada 2024. Data Asosiasi E-commerce Indonesia (Indonesian E-Commerce Association/idEA) menyebutkan  19 juta UMKM  sudah berjualan di platform digital. 

Sementara itu, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman  berkomitmen untuk terus membantu meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan masyarakat, terutama para pelaku UMKM sebagai salah satu penopang ekonomi di Indonesia.

“Sebuah kehormatan bagi kami dapat mendukung Kadin Indonesia, dengan berbagi best practice global dalam bentuk sejumlah pengelolaan keuangan serta bisnis  untuk membantu UMKM di Indonesia,” kata Riko.

No Comments

    Leave a Reply