Jonatan Christie Juara Indonesia Masters 2023

January 29, 2023

BRIEF.ID – Jonatan Christie untuk pertama kalinya menjuarai turnamen bulu tangkis berlevel BWF Super 500 menyusul kemenangan pada ajang Indonesia Masters 2023 setelah melalui pertarungan  dengan rekan senegara di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Dalam laga “All Indonesia Final” itu, Jonatan tampil  sebagai pemenang setelah  mengalahkan Chico Aura Dwi Wardoyo, dalam dua gim langsung 21-15, 21-13. Kemenangan ini  menjadi yang kedua bagi Jonatan   di Istora GBK Senayan, setelah momen kesuksesan pertamanya terjadi saat menjuarai Asian Games 2018.

Gim pertama berjalan lambat karena kedua pemain  sama-sama bermain dengan sabar dan tak terburu-buru untuk mematikan lawan. Jonatan dan Chico juga saling mencuri peluang dengan memanfaatkan bola-bola tanggung. Saat posisi Jonatan atau Chico belum siap, mereka berusaha membalas lewat smes keras.

Mengingat keduanya merupakan rekan sepelatnas,  kemampuan teknik Jonatan dan Chico berada dalam taraf yang hampir sepadan. Namun Jonatan punya latar pengalaman yang lebih unggul sehingga mentalnya sudah teruji dengan matang.

Masuk jeda interval pada menit ke-10, ia sudah memegang keunggulan 11-9 setelah mengalami kejar mengejar poin dengan rekannya.

Jonatan semakin menemukan pola dan ritme terbaiknya. Ia memaksa bermain reli-reli panjang yang melelahkan namun menguntungkan keunggulannya. Chico yang sudah kepayahan justru menciptakan sejumlah eror pada pengembalian, membuatnya semakin terpuruk dengan hanya mencatatkan 15 poin pada akhir gim pertama,  sementara Jonatan lebih unggul enam poin.

Jonatan masih mempertahankan strategi bermain lambat dan mengandalkan reli untuk memperlemah pertahanan Chico. Namun Chico juga tak tinggal diam dan berusaha melawan dengan bermain agresif dari zona depan.

Alhasil keduanya juga kerap terlibat adu drive untuk menekan posisi bertahan masingmasing. Chico kurang tahan dengan situasi kritis sehingga terus dilucuti Jonatan. Selain itu, kondisi fisik Chico juga terkuras sehingga tak sanggup meladeni permainan reli Jonatan.

Adegan terjatuh kala berusaha menghalau kok hingga pukulan yang keluar lapangan menjadi gambaran betapa lemahnya stamina Chico saat menghadapi seniornya.

Dominasi Jonatan akhirnya berakhir dengan keunggulan 21-13 pada gim kedua, sekaligus menandai rekor baru dalam karier bulu tangkisnya dengan menjuarai Indonesia Masters 2023 untuk pertama kalinya.

Indonesia juga mengantungi  gelar juara  Indonesia Masters 2023 dari nomor ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang mengalahkan  Zhou Hao Dong/He Ji Ting.

No Comments

    Leave a Reply