Jokowi Pastikan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur Selesai April 2023

January 24, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) yang terhenti selama 6 tahun, akan rampung pada April mendatang.

Kepastian itu disampaikan Kepala Negara usai meninjau tiga lokasi pembangunan KBT di Area Inlet, Area Arriving Shaft, dan Area Outlet.

“Kita harapkan nanti pada bulan April insya Allah sudah selesai. Dan, ini akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir yang ada di Jakarta,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, banjir Jakarta harus ditangani dari hulu ke hilir. Sebelumnya, pada Desember 2022 pemerintah telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Jawa Barat

“Kita tahu bahwa penanganan banjir Jakarta harus dari hulu sampai ke hilir. Di hulunya sudah selesai dengan diresmikannya Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Sudah, di atas, di hulu. Di bawah sudah sampai Jakarta, tapi masih ada masalah. Sebentar lagi akan selesai mungkin April. Insya Allah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti selama 6 tahun,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, selesainya sodetan Kali Ciliwung ke KBT akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir di Jakarta.

“Karena ini dari Sungai Ciliwung kalau sudah dibuka Siaga 4 itu akan mengurangi kecepatan air hingga 33 meter kubik per detik. Gede banget,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: