Imlek Segera Tiba, Mari Sambut Tahun Kelinci Air

January 21, 2023

BRIEF.ID – Tahun Baru Imlek 2023 atau 2574 Kongzili sebentar lagi tiba. Berdasarkan sistem penanggalan Tiongkok, mulai hari Minggu  22 Januari 2023, masyarakat  di seluruh dunia, termasuk Indonesia akan merayakan  Imlek.  Perayaan Imlek menandai  dimulai tahun Kelinci Air.   Kelinci dipercaya masyarakat keturunan Tionghoa sebagai  simbol umur panjang,  kesuksesan, kedamaian, dan kemakmuran.

Pada perayaan  Imlek, terlihat jelas  tradisi saling berkunjung, berkumpul, dan makan bersama. Bahkan, kebiasaan pada hari raya itu   adalah berbagi angpau dari orang yang sudah menikah kepada yang belum.

Selain itu, ada kebiasaan yang masih terjaga di kalangan masyarakat Tionghoa  menjelang hari raya Imlek,  yaitu  mendekor rumah  dengan berbagai ornamen bernuansa Imlek.

Menjelang Imlek juga ada  tradisi membersihkan rumah untuk menyambut tamu-tamu yang akan hadir. Tahun baru Imlek belum dikatakan meriah tanpa kehadiran kue mangkuk, kue keranjang, lampion, angpau, dan lain sebagainya.

Angpau melambangkan berbagi kasih  kepada sesama. Namun, harus diingat saat memberikan angpau, sebaiknya menghindari  uang dengan nilai bernuansa  empat,  karena dalam tradisi  Tionghoa, angka empat perlambang  kematian.

Di Jakarta, nuansa Imlek yang didominasi  warna merah menyemarakkan kawasan Petak Enam hingga area gapura di depan Pasar Glodok. Di  area ini, pengunjung dapat melihat gapura bertuliskan “Selamat Datang Kawasan Glodok Pancoran China Town Jakarta.”

Masyarakat dapat merayakan Imlek di  Vihara Dharma Bakti tertua di Jakarta, yang dikenal dengan sebutan Kim Tel Ie, di Jalan Kemenangan III Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat.

Kawasan Pecenongan yang terkenal dengan wisata kuliner juga dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi merayakan Imlek. Demikian juga, Klenteng Boen San Bio, yang dibangun pada tahun 1689 di Jalan KS Tubun Nomor 43 Desa Pasar Baru, Tangerang. 

Kampung Cina Cibubur juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk merayakan Imlek. Meski lokasinya di pinggir Kota Jakarta, Kampung Cina Cibubur   cukup mudah  dijangkau menggunakan  kendaraan pribadi.

Pasar Lama Tangerang, Banten, tak kalah menarik untuk merayakan Imlek. Kawasan ini  dikenal sebagai surga  wisata kuliner dan kawasan pecinan.

Destinasi menarik  untuk merayakan Tahun Baru Imlek  yang terkenal adalah Petak Sembilan di kawasan Glodok, Jakarta Barat.  

No Comments

    Leave a Reply