Dubes Rosan Ajak Universitas Georgetown Buka Kampus Full Fledged di Indonesia

January 20, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mengajak Director of Muslim Life Universitas Georgetown Amerika Serikat, Imam Yahya Hendi untuk membuka kampus Universitas Georgetown secara full fledged di Indonesia.

“Saya menawarkan kepada Imam Yahya selaku pengajar di  Universitas Georgetown untuk membuka kampusnya secara full fledge di Indonesia,  seperti yang telah dilakukan Universitas Monash dari Australia,” kata Rosan

Universitas Monash  adalah  institusi pendidikan tinggi  di Melbourne, Australia. Perguruan tinggi itu, pada tahun 2022  berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University Ranking. Ekspansinya ke Indonesia sebagai langkah strategis  untuk melebarkan sayap ke tingkat global, setelah membuka kampus serupa di Malaysia, Tiongkok, dan India.

Rosan menyatakan selain menawarkan pembukaan kampus full fledged  di Indonesia,  pertemuan itu juga membahas sejumlah hal penting terkait penjajakan  kerja sama  di bidang pendidikan, khususnya menyangkut pertukaran mahasiswa serta dimasukkannya mata pelajaran Bahasa Indonesia ke dalam kurikulum  di Universitas Georgetown.

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani (kanan) berdialog dengan Director of Muslim Life Universitas Georgetown Amerika Serikat, Imam Yahya Hendi (kiri) di KBRI Washington, AS.

“Kami membahas tentang kemungkinan kerja sama sinergis antara Universitas Georgetown dan  perguruan tinggi di Indonesia. Kami berharap melalui kerja sama ini, nantinya mahasiswa Indonesia  dapat belajar selama satu semester di Universitas Georgetown,” kata Rosan.

Dijelaskan,  saat ini terdapat lima perguruan tinggi di AS yang melakukan pertukaran mahasiswa dengan Indonesia. Kelima perguruan tinggi di AS yang menyelenggarakan  program  pertukaran mahasiswa AS-Indonesia, di antaranya Universitas Pennsylvania, Universitas California Davis, dan Universitas Boston.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: