Covid-19 Varian Kraken Masuk Indonesia, Menkes Minta Masyarakat Tak Panik

January 26, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap  masyarakat tak panik seiring masuknya virus corona Subvarian Omicron XBB 1.5 atau varian Kraken  di Indonesia.

Varian Kraken yang masuk ke Indonesia melalui warga negara Polandia,  cepat menular tetapi tidak menyebabkan gejala berat.  

“Kemampuan penularannya cepat, tapi dari kemampuan mematikannya atau masuk rumah sakitnya rendah, dan kita sudah lihat varian ini kan sudah ada di Amerika Serikat, perilakunya demikian,” kata Menkes  di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Menkes  meminta masyarakat yang merasa tak enak badan untuk segera menggunakan masker di tempat umum dan  melakukan vaksinasi booster untuk mengurangi tingkat penularan.

“Masyarakat juga harus tahu bahwa varian ini ringan, jadi pastikan booster-nya dilaksanakan,” katanya.

Varian Kraken masuk ke Indonesia melalui warga Polandia. Berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) diketahui infeksi terjadi di Balikpapan, Kalimantan  Timur.

Warga Polandia itu  juga sempat mangunjungi Jakarta, pada 6 Januari 2023.  Kemudian,  ia ke Balikpapan pada 7 Januari  2023.  Setelah melakukan  rapid antigen yang bersangkutan dinyatakan negatif.

“Pada  tanggal 11 Januari 2023, ketika akan  naik kapal jadi di PCR sebagai syarat, dan hasilnya positif,” ujar Menkes.

Diketahui, varian Kraken diduga kuat menjadi penyebab melonjaknya penularan Covid-19 di Amerika Serikat. Sebelumnya, subvarian XBB 1.5  diketahui telah menyebar di Singapura, Prancis, Jerman, India, dan Inggris.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: