Buka Perdagangan di Bursa, Presiden Jokowi: IHSG Tumbuh di Tengah Turbulensi Ekonomi

January 2, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengaku senang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami kenaikan sebesar 4,1% dan kapitalisasi pasar  juga tumbuh 15% hingga menembus  angka Rp 9.499 triliun.

“Ini  bukan sebuah angka yang kecil, angka yang besar di tengah turbulensi ekonomi global di tahun 2022,” ujar Presiden Jokowi pada pembukaan  perdagangan bursa  periode 2023 di Gedung Bursa Efek Indonesia  Jakarta,  pada  Senin (2/1/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar,  Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Inarno Djajadi.

Presiden Jokowi secara khusus mengungkapkan rasa syukurnya bahwa kenaikan IHSG pada  tahun 2022 yang mencapai  4,1 % merupakan prestasi gemilang,  dibandingkan bursa-bursa di negara lain yang anjlok.

“Kapitalisasi pasar juga tumbuh 15% sampai di angka Rp 9.499 triliun.  Ini juga bukan sebuah angka yang kecil, angka yang besar di tengah turbulensi ekonomi global di tahun 2022,” ujar dia.

Pada bagian lain, Presiden Jokowi mengatakan, pada akhir tahun 2022  pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) setelah melakukan kajian atas pengendalian angka positif Covid-19 selama 10 bulan terakhir.

“Angka BOR dan  positivy rate kita,  semuanya di bawah angka kematian. Semuanya di bawah standar who  sehingga kami putuskan di akhir tahun PPKM dicabut. Semoga  ini  akan  mendorong,  men-trigger ekonomi kita untuk tumbuh lebih baik pada tahun 2023,” ujar Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply