BMKG Ingatkan Potensi Hujan di DKI Jakarta dan Jabodetabek

January 21, 2023

BRIEF.ID – Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Sabtu (21/1/2023) siang.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat, pada siang dan sore hari,” demikian peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, melalui laman resminya, pada Sabtu (21/1/2023).

Diisebutkan bahwa pada malam hingga dini hari,  cuaca cenderung cerah berawan di wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu dengan suhu udara berkisar 23-29 derajat Celcius.

BMKG juga memperkirakan, secara umum pada bulan  Januari-Februari 2023 wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek)  memasuki periode Puncak Musim Hujan, sehingga potensi hujan intensitas sedang-lebat diprediksikan masih dapat terjadi hingga Februari mendatang.

Disebutkan,  beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan kedepan, antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator,  Madden Jullian Oscillation (MJO) yang diprediksikan mulai aktif kembali di sekitar Samudera Hindia barat Sumatera dalam periode akhir Januari.

“Kemudian, adanya pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitarnya,” demikian pernyataan resmi  BMKG.

Sementara itu, Berdasarkan prakiraan berbasis dampak untuk 2 hari kedepan, potensi signifikan di wilayah Jabodetabek dengan status waspada adalah  Kabupaten Bogor, Kota Bogor,  Kabupaten Tangerang, dan  Kota Tangerang Selatan.

Potensi cuaca Jabodetabek untuk  sepekan kedepan (19-25 Januari 2023) adalah  hujan intensitas Sedang-Lebat di wilayah Jabodetabek terutama pada kisaran periode siang-sore hari yang masih harus diwaspadai adalah DKI Jakarta,  Bogor,  Depok,  Bekasi, dan  Tangerang Selatan.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: